Perhatikan 4 Hal Ini Saat Rawat Wajah Bagi Pemilik Kulit Sensitif

Avatar of PortalMadura.com
Perhatikan 4 Hal Ini Saat Rawat Wajah Bagi Pemilik Kulit Sensitif
ilustrasi

PortalMadura.Com – Cara perawatan wajah setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung jenis kulit mereka. Untuk itu, penting mengetahui jenis kulitnya dan hal apa saja yang harus dihindari saat melakukan perawatan wajah, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Tujuannya, yaitu agar tidak semakin memperburuk keadaan kulit.

Nah jika Anda pemilik kulit sensitif, Anda perlu lebih ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan. Pasalnya, tidak semua produk kecantikan dan cara dalam merawat wajah bisa diaplikasikan pada kulit yang sensitif. Butuh perawatan khusus dan berbeda. Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus dihindari jika jenis kulit Anda sensitif. Apa saja?.

Berikut ini empat hal yang harus diperhatikan oleh si pemilik kulit sensitif saat merawat wajah, seperti dilansir Fimela.com yang mengutip dari situs Boldsky:

Gunakan Air Hangat atau Dingin

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari mencuci wajah dan mandi dengan air terlalu panas. Karena hal ini dapat berakibat buruk pada kulit. Meskipun air panas dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan, tentu Anda tidak ingin kulit Anda jadi iritasi, bukan?. Maka dari itu, gunakanlah air hangat atau air dingin saat mencuci wajah dan mandi agar lebih aman.

Jangan Berlebihan dalam Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin adalah perawatan yang penting dan baik untuk kulit. Namun jika melakukannya secara berlebihan dan terlalu kencang dalam menekan permukaan kulit, tentunya akan berdampak buruk pada kulit sensitif. Jadi, cobalah untuk melakukan eksfoliasi secara lembut dalam rentang waktu dua hari sekali agar hasilnya lebih baik.

Jaga Kelembapan Kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, cobalah untuk tetap menjaga kelembapan kulit dengan memakai pelembap. Sebab, kulit kering bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya iritasi. Disarankan pula untuk berhati-hati saat memilih pelembap, cobalah yang berbahan alami agar tidak menimbulkan reaksi pada kulit.

Bahan-bahan seperti lidah buaya, minyak jojoba, dan minyak kelapa adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pelembap. Jangan lupa juga untuk memberikan pelembap pada tangan. Tangan digunakan untuk banyak hal sehari-hari, sehingga penting untuk menjaganya tetap lembap.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Anda Punya Kulit Sensitif, Apa Saja?

Jangan Lewatkan Tabir Surya

Ketika akan keluar ruangan, pemilik kulit sensitif jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya agar tetap bisa menjaga kulit dari bahaya sinar UV. Aplikasikan tabir surya pada wajah, betis, kaki, tangan, dan semua bagian tubuh yang memungkinkan untuk terpapar sinar matahari.

Bahkan, jangan sekali-kali melewatkannya. Sinar UV memiliki dampak yang lebih berbahaya bagi pemilik kulit sensitif. Kendatipun langit terlihat mendung, tetaplah gunakan tabir surya saat keluar rumah untuk perlindungan kulit sensitif. Untuk itu, gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih.

Selain itu, pastikan juga Anda memilih tabir surya dengan kandungan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kulit sensitif. Hindari juga tabir surya dengan kandungan parfum karena bisa menimbulkan iritasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.