oleh

Perhatikan 5 Faktor Ini yang Sering Sebabkan Kecelakaan Lalu Lintas

PortalMadura.Com – Berkendaraan di lalu lintas harus berhati-hati. Ini bertujuan untuk mencegah terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Kecalakaan ini seringkali menimpa kendaraan bermotor, seperti mobil, sepeda motor, hingga kendaraan yang berukuran besar.

Kecelakaan ini karena ada lima faktor utama yang bisa menyebabkan seringkali terjadi kecelakaan di daerah tersebut. Dilansir dari laman Otomotif.kompas.com, Sabtu (11/7/2020), berikut lima faktor yang sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas:

Selamat Ibadah Puasa

Tidak Ada Rambu

Rambu lalu lintas ini berfungsi untuk membantu pengguna jalan untuk lebih berhati-hati saat berkendara. Bahkan rambu lalu lintas ini akan menunjukkan situasi dari jalan yang akan di tempuh oleh pengendara. Seperti rambu tanjakan, tikungan tajam dan jalan menuru.

Jika dijalan tidak ada rambu, maka akan membuat pengendara kurang berhati-hati sehingga kemungkinan besar akan terjadi kecelakaan. Hal ini terjadi karena kurangnya kewaspadaan pengendara.

Jalan Berlubang

Jalan yang berlumbang bisa menjadi faktor kedua dari penyebab kecelakaan. Biasanya jalan yang berlubang ini menyebabkan kecelakaan tunggal maupun ganda.

Apalagi jika Anda mengemudi dengan kecepatan yang tinggi dan tidak memerhatikan kondisi jalan. Sehingga Anda bisa jatuh saat terkena jalan yang berlubang.

Tidak Ada Marka Jalan

Marka jalan ini memiliki fungsi yang sama dengan rambu untuk membantu pengguna jalan agar melenggang aman, nyaman dan selamat selama di perjalanan.

Jika marka jalan tidak ada, ini seharusnya menjadi perhatian serius Kementerian Perhubungan.

Kurangnya Penerangan

Jalanan yang gelap juga dapat memicu seringkali terjadi kecelakaan lalu lintas. Kondisi jalan yang gelap ini akan membuat daya lihat pengendara berkurang. Apalagi jika pengendara dalam kondisi mengantuk ini akan berisiko terjadi kecelakaan.

Pandangan Terhalang

Pandangan pengendara bisa terhalang karena adanya dedaunan, hujan, atau asap yang bisa membuat daya pandang pengendara berkurang.

Selain lima faktor diatas, masih banyak penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan dari jalan, kendaraan yang digunakan, ataupun dari pengendara itu sendiri.

Disarankan bagi Anda untuk berhati-hati selama diperjalanan dan memerhatikan kondisi sekitar.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Otomotif.kompas.com

Komentar