oleh

Strategi Sumenep Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan

Oleh : Aminatul Marwiyah*

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki keindahan dan tempat-tempat bersejarah dengan beragam budaya berbeda-beda.

iklan pilbup

Selain meningkatkan pendapatan dalam sektor migas dan pajak, Indonesia juga meningkatkan pendapatan dalam sektor pariwisata.

Tempat wisata ini disulap sedemikian rupa untuk menarik perhatian dari orang-orang di seluruh mancanegara.

Hal ini dapat menjadikan Indonesia lebih dikenal lagi oleh seluruh mancanegara, kemudian pemerintah juga dapat menambah devisa guna untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Bukan hanya perlu pengembangan dalam sektor pariwisata, namun pemerintah pusat dan pemerintahkan daerah juga di harapkan dapat mengembangkan infrastruktur di Indonesia.

Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang berada di ujung timur pulau Madura, Jawa Timur. Kabupaten Sumenep dikenal sebagai salah satu kabupaten yang unggul dalam sektor pariwisata.

Tak mau kalah dengan kabupatan atau kota-kota lainnya, Kabupaten Sumenep memperkenalkan tempat wisata-wisata yang indah dan bersejarah, baik itu pulau-pulau beserta pantai yang sangat indah, Masjid Agung Sumenep, Museum Keraton Sumenep dan masih banyak sekali destinasi wisata alam maupun wisata yang bersejarah di Sumenep.

dok. Suasana wisata pantai Lombang Sumenep (Foto. Dwi Laily Sukmawati)
dok. Suasana wisata pantai Lombang Sumenep (Foto. Dwi Laily Sukmawati)

Pulau-pulau yang ada di Sumenep memiliki keindahan dengan pantai yang menawan. Hamparan pasir putihnya dan air pantai yang jernih berada di sepanjang pantai.

Terdapat pula terumbu karang, batu berongga dan pohon-pohon hijau yang mempercantik penampilan dari pantai tesebut. Kadar oksigen yang masih bagus juga menjadi poin plus untuk menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun asing.

Selain pantai, Sumenep juga memilki tempat yang bersejarah peninggalan nenek moyang seperti Masjid Agung Sumenep, Museum Keraton Sumenep, dan terdapat juga Asta-asta (Makam) dari para leluhur Sumenep.

Pariwisata menjadi salah satu bidang yang membantu meningkatkan perekonomian di Sumenep Jawa Timur. Hal ini dapat diketahui dari data Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Menurut data tersebut para wisatawan yang datang ke Sumenep setiap tahunnya memiliki kenaikan jumlah wisatawan.

Tonton Juga : Kecantikan dan Keindahan Wisata Pantai Sembilan Sumenep

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, selain memanfaatkan potensi sumber daya alam, tradisi, dan budaya ada hal lain yang harus dimanfaatkan juga yaitu program wisata.

Maka dari itu, Bupati Sumenep mengatakan, pentingnya kontribusi dan dukungan dari berbagai macam kalangan baik itu pemerintah ataupun dari masyarakat itu sendiri untuk ikut serta mengsuksesnya program visit Sumenep ini.

Kebijakan demi kebijakan dikeluarkan oleh Pemkab Sumenep untuk di jadikan strategi dalam mengembangkan pariwisata di Sumenep.

Pengembangan seperti apa yang dilakukan? Seperti meningkatkan layanan wisata, baik itu dari sisi atraksi wisata, hiburan dan souvenir wisata Kabupaten Sumenep.

Pengembalian Pusaka Keraton Sumenep Diterima Wabup Fauzi
dok. Pusaka Keraton yang dibawa oleh Camat Saronggi, Ali Dafir, dan jajaran Forpimka serta para empu keris (Foto: Samsul Arifin @portalmadura.com)

Pemkab Sumenep juga melakukan pemasaran wisata melalui media cetak dan elektronik di tingkat regional hingga Internasional.

Bukan hanya mengembangkan pariwisata tetapi Pemkab Sumenep juga melakukan pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan sumber daya pariwisata untuk meningkat pembangunan yang ada di beberapa objek wisata di Sumenep.

Visit Sumenep merupakan salah satu program Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2018.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian perekonomian di desa dan di kota dengan cara memperhatikan potensi ekonomi lokal dan mulai mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumenep.

Tahun 2018 Disparbudpora menargetkan 15 ribu wisatawan dari mancanegara dan 1,25 juta pengunjung domestik untuk berkunjung ke Sumenep dan menikmati destinasi wisata di Sumenep.

Event-event yang disajikan program Visit Sumenep tidak tanggung-tanggung, terdapat event yang berskala nasional hingga Internasinasional yang dihadiri oleh berbagai masyarakat di ASEAN.

dok. Labang Mesem Keraton Sumenep (Foto. Arif Cool Break)
dok. Labang Mesem Keraton Sumenep (Foto. Arif Cool Break)

Seperti yang penulis jelaskan diatas terdapat data yang menunjukkan bahwa adanya program Visit Sumenep ini dapat meningkatkan nilai investasi di Sumenep.

Pada tahun 2018 sebesar Rp2,6 triliun atau meningkat sekitar 48% dibandingkan tahun 2017. Karena adanya peningkatan investasi membuat kenaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga mengalami kenaikan, hal ini sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Tonton Juga : Hotel Bintang Tiga Sumenep

Menurut penulis, strategi yang dilakukan oleh Pemkab Sumenep berhasil. Karena dapat kita ketahui adanya strategi ini dapat membawa dampak yang positif bagi perekonomian Sumenep.

Infrastruktur yang dibangun bukan hanya bermanfaat bagi wisatawan tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat Sumenep. Selain itu adanya kegiatan Visit Sumenep 2018 ini juga dapat memperkenalkan budaya yang ada di Sumenep.(**)

*Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia
(aminatulmarwiyah@gmail.com)

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com.”

.
.
Tirto.ID
Loading...

Komentar