oleh

Perlu Diketahui 4 Bahaya Kosmetik Kedaluarsa

PortalMadura.Com – Setiap perempuan suka sekali menggunakan berbagai kosmetik untuk merias wajahnya. Bahkan banyak perempuan yang mengoleksi berbagai kosmetik dan alat rias yang tidak dipakai setiap hari. Hal ini akan membuat kosmetik lama tidak digunakan hingga pada akhirnya akan kedaluarsa dan alat rias yang lama tidak dibersihkan akan menjadi tempat bakteri.

Banyak perempuan tidak menyadari hal ini dan tetap menggunakan kosmetik yang sudah kedaluarsa. Padahal kosmetik yang kedaluarsa sangat berbahaya apabila digunakan setiap hari. Oleh karena itu, bijaklah dalam membeli kosmetik agar, kosmetik Anda tidak terbuang sia-sia. Dilansir dari Doktersehat.com bahaya kosmetik yang kedaluarsa bagi wajah Anda. Rabu (6/5/2020)

Berikut akibat memakai kosmetik kedaluwarsa yang perlu Anda ketahui:

Kosmetik yang dipakai pada mata seperti maskara, eyeliner atau eyeshadow yang terlalu lama, akan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang mengakibabtkan kemerahan dan bengkak pada mata Anda.

Lipstik, lipbalm dan kosmetik lain yang biasa digunakan untuk bibir, dan sudah kedaluarsa bisa membuat bibir Anda kering, iritasi dan kulit bibir bisa melepuh.

Alat kosmetik seperti kuas yang sering dipakai, bisa menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme yang bisa mengakibatkan gatal, kurap maupun penyakit kulit lainnya yang menular dan menimbulkan kulit lecet-lecet.

Pada kosmetik wajah seperti bedak, foundation, blush on, maupun tata rias wajah lainnya yang terlalu lama bisa mengakibatkan gatal, iritasi, serta kemerahan kulit. Jangan pikir remeh iritasi semacam itu, sebab sejumlah kejadian iritasi adalah indikasi awal kanker kulit.

Bijaklah dalam membeli kosmetik, belilah sesuai dengan kebutuhan agar kosmetik Anda bisa digunakan dengan baik.(*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Doktersehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar