Perpustakaan Nasional Lakukan Penyelamatan Kitab Kuno di Tiga Tempat di Indonesia

Koordinator Tim Preservasi Pelestarian Naskah Perpustakaan
Koordinator Tim Preservasi Pelestarian Naskah Perpustakaan (Foto: Marzukiy)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia akan melakukan penyelamatan kitab kuno di tiga tempat di Indonesia pada tahun 2018. Tiga tempat tersebut adalah Magelang Jawa Tengah, Bali dan di Perpustakaan Raden Umro Pondok Pesantren Az Zubair Sumber Anyar Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Koordinator Tim Preservasi Pelestarian Naskah Perpustakaan Nasional Daerah Pamekasan, Aris Riyadi mengatakan, penyelamatan buku dan kitab kuno tersebut sebagai upaya merawat dan melestarikan kekayaan Indonesia supaya para penerus bangsa di masa yang akan datang bisa menikmati peninggalan para pendahulu bangsa.

“Kalau di Magelang itu koleksi di museum Wayang, kalau di Bali itu koleksi dari Perpustakaan Bung Karno,” jelasnya saat berada di Pamekasan, Rabu (14/3/2018).

Baca Juga:  Bagaimana Jika Terlanjur Makan Barang Haram? Ini yang Harus Dilakukan

Menurutnya, pengaruh globalisasi jangan sampai menghilangkan identitas bangsa Indonesia bahwa nenek moyang bangsa ini memiliki peradaban yang sangat tinggi dengan koleksi yang cukup banyak tersebar di Indonesia dengan kertas yang canggih, tidak kalah dengan kertas di zaman sekarang.

“Jadi, kita tidak perlu minder dengan teknologi yang ada sekarang bahwa dahulu nenek moyang kita sudah bisa memproduksi tinta, kertas, kemudian informasi yang ada di naskah tersebut banyak sekali ilmu yang terkandung,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.