oleh

Persiapan Pencucian Pusaka Keraton Sumenep, Empu Keris Ambil Air Tujuh Sumber

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebelum pelaksanaan penjamasan (pencucian) Pusaka Leluhur Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, empu keris mengambil air tujuh sumur tua. Salah satunya di Taman Sare yang ada di lingkungan Keraton Sumenep.

Pada zaman Kerajaan, Taman Sare merupakan tempat pemandian para raja dan istrinya.

“Ini merupakan pengambilan air di sumber yang pertama. Nanti juga kami akan mengambil air di sumber tua lainnya seperti di Desa Langsar, Lembung dan Talang,” kata Empu Sanamo, Senin (2/9/2019).

Baca Juga: Resmi Dilantik Anggota DPRD Jatim, H. Mohammad Ashari Komitmen Perjuangkan Hak Warga Madura

Loading...

Sebelum mengambil air di Taman Sare, dua empu membacakan ayat-ayat suci Al-Quran dan bacaan khusus lainnya. Sambil membaca doa-doa, juga dibakar kemenyan. Dua empu yakni empu Sanamu dan empu Hasyim yang juga dikenal sesepuh di Desa Aeng Tongtong.

“Diambilnya air tujuh sumber tua itu ada filosofinya yakni bumi dan langit tercipta tujuh lapis dan hitungan hari ada tujuh. Diambil dari itu,” ucapnya.

Penjamasan Pusaka Leluhur Keraton Sumenep akan digelar di Desa Aeng Tongtong Kecamatan Sarongggi pada tanggal 7 – 9 September 2019. Ada 8 pusaka Keraton yang akan dijamas nanti. Selain itu, pusaka milik warga juga bisa dilakukan penjamasan.

Desa Aeng Tongtong merupakan salah satu pusat peradaban pada masa Kerajaan Sumenep dan saat ini menjadi tempat pusat kerajinan keris dan telah ditetapkan sebagai salah satu objek wisata keris oleh pemerintah daerah.


Penulis : Samsul Arifin
Editor : Nurul Hijriyah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar