Persiapan Ramadan, Lakukan 5 Tips Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa

Avatar of PortalMadura.com
Persiapan-Ramadan,-Lakukan-5-Tips-Tubuh-Tetap-Sehat-Saat-Berpuasa
Ilustrasi (ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com)

PortalMadura.Com – Sebelum ramadan sebagian orang akan menjadi rusuh dalam mempersiapkan , mulai muncul berbagai pemikiran, apakah kita mampu melewatinya dan bagaimana cara kita membiasakan diri.

Sejatinya, ramadan tidak sehoror itu, ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Bahkan dengan melakukan puasa, tidak kemudian menjadikan Anda disiksa, melainkan puasa adalah rangkaian terapi kesehatan sistem pencernaan yang diperintahkan oleh Allah SWT langsung. Dilansir dari Fimela.Com, Kamis (8/4/2021) inilah tips agar tubuh Anda tetap sehat saat berpuasa:

Puasa Sunah

Sebelum Ramadan, cobalah terlebih dahulu dengan melakukan puasa-puasa sunah lainnya, selain sebagai wujud ibadah, ini akan memberikan gambaran nyata kepada tubuh Anda terkait dengan proses puasa yag akan Anda jalankan selama bulan ramadan. Tips ini juga bisa dianggap sebagai latihan.

Jangan Lewatkan Sahur

Salah satu sunah dalan berpuasa adalah sahur, maka sempatkanlah untuk bangun pagi untuk melakukan sunah ini. Dengan bersahur tubuh Anda akan mendapatkan cadangan energi untuk digunakan di siang hari saat berpuasa.

Membuat Daftar Menu Makan

Terkadang saat berpuasa, Anda sudah menyiapkan beberapa list menu untuk disantap saaat berbuka puasa, tak jarang hampir semua jenis makanan Anda siapkan, mulai dari kolak, jus buah, kue, nasi dan lain-lain. Nyatanya yang demikian ternyata kurang baik, makanlah seadanya seperti biasa, jangan berlebih-lebihan.

Hindari Waktu Makan Camilan

Sebaiknya sampingkan dulu kebiasaan nyemil Anda, karena ini akan sangat tidak baik jika dilanjutkan. Saat bulan ramadan, waktu diperbolehkannya makan hanya malam hari, jika Anda nyemil di malam hari, maka akan membuat berat badan Anda lebih mudah naik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan tubuh Anda agar tetap sehat saat berpuasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.