oleh

Capsaicin, Senyawa Pedas Yang Simpan Khasiat Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri karena khasiatnya sebagai antinyeri. Capsaicin secara alami banyak ditemukan pada biji buah cabai, seperti cabai rawit, cabai merah, jalapeno, dan paprika.

Selain untuk mengurangi nyeri, capsaicin juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (8/4/2021), berikut manfaat Capsaicin bagi kesehatan:

Meredakan Nyeri

Sifat antinyeri pada capsaicin efektif membantu meredakan nyeri otot, nyeri sendi pada penderita radang sendi, nyeri saraf pada penderita fibromyalgia dan neuropati diabetik, dan migrain. Capsaicin bekerja dengan cara menghambat hantaran sinyal atau rangsangan nyeri pada saraf, sehingga sensasi nyeri yang dirasakan berkurang.

Mengatasi Gatal-gatal Pada Kulit

Efek ini membuat capsaicin bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meringankan gatal pada kulit serta meringankan keluhan terkait masalah kulit, seperti psoriasis dan eksim.

Meredakan Pilek

Zat ini dapat mengurangi pembengkakan di dalam hidung dan merangsangnya untuk mengeluarkan lendir, sehingga pilek pun mereda. Selain itu, capsaicin juga dapat menguatkan daya tahan tubuh. Efek baik untuk meredakan pilek yang disebabkan oleh flu.

Meningkatkan Metabolisme Dan Menurunkan Berat Badan

Capsaicin diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Capsaicin dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga menghasilkan pembakaran lemak yang lebih banyak. Alhasil berat badan pun menurun.

Menyehatkan Jantung

Capsaicin pada cabai diketahui dapat mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan memiliki efek antikoagulan. Oleh karena itu, capsaicin dapat digunakan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, dan stroke, dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dalam tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Capsaicin mampu menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak tinggi dengan cara merangsang produksi insulin dan meningkatkan kinerja insulin. Efek ini baik untuk mencegah dan membantu mengontrol diabetes.

Menurunkan Risiko Kanker

Capsaicin dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker, sehingga diduga baik untuk mencegah penyakit kanker.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar