Persoalan Sampah Jadi Penyebab Banjir Kangean

  • Bagikan
Persoalan-Sampah-Jadi-Penyebab-Banjir-Kangean
Salah satu lokasi banjir di pulau Kangean, Minggu (5/12/2021). (Ist)

PortalMadura.Com, Sumenep – Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Arjasa, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diduga akibat sampah.

Banjir terjadi pada Minggu (5/12/2021). Sejumlah rumah warga, pertokoan dan gedung sekolah tergenang banjir dengan ketinggian air antara 20 sampai 50 sentimeter.

Warga Kangean, Sumenep, Amiruddin menyebutkan, banjir di wilayah Arjasa baru terjadi tahun ini dan sebelumnya aman dari banjir.

“Salah satunya, akibat sampah yang dibuang sembarangan. Bahkan, ada yang dibuang ke laut,” terangnya, Senin (6/12/2021).

Selain itu, saran dan prasarana untuk kebutuhan sampah tidak tersedia di wilayah Arjasa. Akibatnya, sampah berserakan di pinggir jalan hingga menganggu tempat air mengalir ke laut.

Menurut dia, kondisi drainase yang ada saat ini juga tidak mampu menampung luapan air saat terjadi hujan deras.

“Kami minta pemerintah daerah bisa turun tangan. Kondisi ini sudah sering disampaikan pada pemerintah, namun belum ada respon baik,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, Agus Salam mengakui, penanganan sampah di kepulauan tidak pernah tersentuh.

“Petugas dan sarana kami di kepulauan sangat minim,” dalihnya.

Keterbatasan sarana dan prasarana di kepulauan akibat anggaran sangat minim. “Dua periode kita dilanda pandemi Covid-19 sehingga anggaran terbatas,” terangnya.

Pihaknya berjanji akan mengajukan anggaran untuk pemenuhan teknologi sampah di kepulauan. “Targetnya, 2024 alat teknologi itu sudah terealisasi di kepulauan,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.