Petani Sumenep Mulai Tebar Benih Tembakau

Avatar of PortalMadura.Com
Petani Sumenep Mulai Tebar Benih Tembakau
lahan benih tembakau

PortalMadura.Com, tembakau di Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai benih tembakau untuk persaiapan tanam tembakau tahun 2015.

“Mayoritas sudah mulai tebar benih tembakau untuk disemaikan,” kata salah seorang petani tembakau asal Desa Pasongsongan, Yanto, Minggu (17/5/2015).

Menurutnya, dalam kondisi normal, benih tembakau itu bisa ditanam diladang ketika sudah berumur 40 hari hingga 1,5 bulan.

“Kalau disini tidak menanam tembakau sendiri, tapi hanya menyediakan bibitnya. Kalau sudah siap ditanam, bibit tembakau itu dijual,” ujarnya.

Mayoritas petani di Desa Pasongsongan hanya menyediakan bibit tembakau, tidak menanam sendiri hingga panen.

“Kalau sudah siap tanam, bibit tembakau itu kami jual di pasar, tapi ada juga pembeli yang datang langsung ke tempat penangkaran bibit,” tuturnya.

Menyediakan benih tembakau, sambungnya, tidak gampang, karena membutuhkan perawatan ekstra. Misalnya, harus disiram setiap hari, tidak boleh ada rumput liar disekitar benih.

“Kalau kena air huja pasti langsung mati, makanya perlu penutup agar tidak kena hujan dan embun,” bebernya. (arifin/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.