Pilih Persalinan Normal atau Caesar? Ini 3 Pertimbangannya

Avatar of PortalMadura.Com
Pilih Persalinan Normal atau Caesar? Ini 3 Pertimbangannya
Ibu hamil

PortalMadura.Com – Ada dua metode persalinan yang sering dipilih seorang ibu untuk melahirkan sang buah hati. Pertama, persalinan normal dan yang kedua yaitu melalui operasi caesar.

Persalinan normal merupakan proses melahirkan alami di mana bayi dilahirkan lewat vagina. Sedangkan pesalinan caesar yaitu proses melahirkan yang dibantu dokter yang membuat sayatan di perut sebagai jalan lahir si kecil.

Salah satu perbedaannya yaitu jika melahirkan normal rasa nyeri setelah melahirkan akan cepat hilang. Namun, bagi seorang ibu yang operasi caesar membutuhkan waktu lebih lama, antara satu hingga dua minggu untuk menghilangkan rasa nyerinya.

Berikut perbandingan lainnya antara persalinan normal dan caesar:

Waktu Persalinan
Persalinan caesar jelas lebih cepat dilakukan karena adanya bantuan dari dokter dengan membuat sayatan untuk jalan lahir bayi. Sementara itu, persalinan normal bisa butuh waktu lebih lama bagi beberapa ibu, termasuk untuk menunggu bertambahnya pembukaan jalan lahir.

Risiko
Pada persalinan normal, risiko yang bisa terjadi yaitu inkontinensia urine yang menyebabkan wanita lebih sering beser. Masalah lain yang bisa dialami yaitu risiko trauma ketika dia melewati jalan lahir. Sementara itu, persalinan normal disebut lebih mungkin menyebabkan masalah seksual setelah melahirkan.

Kata dr Hari, operasi caesar mempunyai risiko yang lebih besar dibanding persalinan normal antara lain perdarahan, infeksi, nyeri, perlekatan organ karena operasi, dan berbagai komplikasi akibat pembiusan yang jauh lebih tinggi dibanding persalinan normal.

Nyeri
Nyeri yang dirasakan ibu bersalin normal lebih cepat hilang, sekitar 24 jam. Berbeda dengan ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, Bun. Butuh waktu lebih lama sampai 1 minggu sampai nyeri pasca operasi hilang. Waktu pemulihan ibu yang melahirkan caesar pun cenderung lebih lama ketimbang ibu yang melahirkan normal.

Meski demikian, Anda perlu ingat baik melahirkan normal atau melalui prosedur caesar, seorang ibu pastinya punya perjuangan tersendiri saat melahirkan si kecil ke dunia ya, Bun. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.