Pilkada Bangkalan, Ini Syarat Dukungan Jalur Independen dan Parpol

Avatar of PortalMadura.Com
Pilkada Bangkalan, Ini Syarat Dukungan Jalur Independen dan Parpol
KPU Bangkalan

PortalMadura.Com, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Moh. Fauzan Jakfar menyebutkan bahwa jumlah rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir mengacu pada pemilu presiden dan wakil presiden 2014 sebanyak 963.34 pemilih.

Merujuk pada PKPU No. 3 tahun 2017, tentang pencalonan, bahwa kabupaten kota yang jumlah penduduk yang terdafatar dalam DPT Pemilu terkahir antara 500 ribu – 1 juta jiwa, ditetapkan dukungan calon independent harus 7,5 persen.

“Setelah KPU dan Panwas menghitung jumlah 7,5 persen dari 963.34 orang ini tercatat sebanyak 72.228 orang. Jadi bagi siapapun yang akan menempuh jalur perseorang maka harus menyetorkan foto copy KTP sebanyak 72.228 dan lengkap dengan surat dukungannya,” paparnya, dalam rilis resminya, Selasa (12/9/2017).

Dia menuturkan, bahwa total dukungan jalur independent tersebut harus tersebar di 50 persen kecamatan yang ada di Bangkalan. “Hal ini sesuai dengan PKPU Nomor 3 tahun 2017. Dan di Bangkalan ini ada 18 kecamatan, berarti harus tersebar minimal di 10 kecamatan,” terang dia.

Tak hanya itu, pihaknya telah menetapkan pula jumlah suara sah dukungan dari jalur parpol atau gabungan parpol. Sesuai dengan pemilu legislatif DPRD Bangkalan tahun 2014

“Bahwa jumlah kursi di DPRD Bangkalan ada 50. Jadi, kalau parpol atau gabungan parpol dengan dasar perolehan kursi, maka sesuai aturan pencalonan tadi, maka harus 20 persen (10 kursi) dari jumlah 50 kursi itu, maka bisa mendaftarkan bacabup dan cawabup,” ungkapnya.

“Misalnya parpol ini hendak menggunakan dasar suara sah, maka yang harus dipenuhi adalah 25 persen atau 210.703 suara sah, dari total suara sah legislatif 2014 sebanyak 882.2812,” tuturnya.

Dikatakan, hasil penetepan tersebut akan disosialisasikan ke setiap parpol atau golongan yang memiliki niatan untuk mengusung calon dari jalur perseorangan.

“Mohon informasinya kepada rekan-rekan wartawan terkait siapa saja yang akan mencalonkan dari jalur independent, untuk kami undang agar mendapatkan sosialisasi dari kami,” pungkasnya.(Hamid/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.