oleh

Pilkades Bangkalan, 15 Orang Bacakades Daftar di Desa Lomaer

PortalMadura.Com, Bangkalan – Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) yang mendaftar pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Lomaer, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mencapai 15 orang.

Jumlah tersebut paling banyak dari desa-desa lain di Bangkalan yang akan menggelar Pilkades Serentak 2021.

Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Lomaer, Noer Kholis menjelaskan, 15 bacakades itu sudah mendaftar dan memasukkan berkas.

“Berkasnya sudah masuk semua, nanti akan dilanjutkan ke verifikasi berkas dan akan dilakukan penelitian kelengkapan administrasi,” terangnya, Rabu (3/3/2021).

Mereka yang mendaftar itu, kata dia, ada yang dari luar desa dan tingkat pendidikannya berbeda. “Empat orang dari luar Desa Lomaer. Pendidikannya, 10 pendaftar sarjana dan lima lainnya SMA,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, jika yang mendaftar dan lulus administrasi lebih dari lima bakal calon, maka akan ada tambahan seleksi.

Hal tersebut merujuk pada Perbup Nomor 98 Tahun 2020, pada Pasal 43. “Bahwa, seleksi tambahan menggunakan kriteria, pengalaman kerja di pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan uji kompetensi oleh lembaga yang kompeten dan independen,” paparnya.

Sementara, Kabid Pemerintah Desa (Permendes) DPMD Bangkalan, Handiansyah menjelaskan, calon kepala desa yang sudah mendaftar minimal dua orang calon.

Ada 120 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak 2021. “Semua sudah ada pendaftar, paling banyak 15 pendaftar,” katanya.

Jadi, kata dia, semua desa sudah bisa melanjutkan pada tahap verifikasi berkas bakal calon kepala desa.

Bagi desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang, maka akan mengikuti proses seleksi kompetensi.

“Pelaksanaan uji kompetensi dilaksanakan oleh akademisi yang difasilitasi tim kabupaten,” pungkasnya.(*)

 

Penulis : Saed
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar