Pilkades Serentak di Pamekasan Belum Jelas

Avatar of PortalMadura.Com
Pilkades Serentak di Pamekasan Belum Jelas
Dok. Suli Faris

PortalMadura.Com, – Pelaksanaan di Pamekasan, Madura, Jawa Timur masih belum digagas sehingga masih belum pasti kapan Pilkdes itu akan digelar. Padahal, sampai saat ini sudah ada puluhan desa yang dipimpin oleh pelaksana tugas (plt) kades.

Wakil Katua DPRD Pamekasan, Suli Faris mengatakan, saat ini pihak DPRD masih menunggu draf rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pemilihan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa yang masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun ini.

Menurut Suli, jika Raperda tersebut tidak diprioritaskan maka bisa jadi pelaksanaan Pilkades serentak akan molor.

“Banyak yang bertanya pada DPRD, kapan Pilkades itu akan digelar, tetapi kami belum bisa memprediksi kapan akan digelar, karena Raperdanya masih belum ada tanda-tanda untuk dibahas,” katanya, Senin (5/1/2015).

Suli Faris menjelaskan, pihaknya sejak awal memang sudah siap membahas Raperda tersebut karena memang dibutuhkan oleh banyak desa di Pamekasan.

Namun demikian, lanjut Politisi PBB ini, meskipun perda itu sudah selesai tidak serta merta bisa diterapkan tetapi masih harus ada peraturan bupati (Perbub) yang mengatur secara teknis, dan setelah itu masih harus ada sosialisasi.

“Masih banyak tahapan yang harus dilakukan kalaupun Raperda itu sudah selesai dibahas, karena masih harus sosialisasi dan semacamnya, tapi kita pastikan tahun ini Pilkades serentak itu digelar,” jelasnya. (reiza/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.