Pintu Mobil Anda Tak Bisa Tertutup Rapat? Begini 3 Cara Mudah Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Pintu Mobil Anda Tak Bisa Tertutup Rapat? Begini 3 Cara Mudah Atasinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat usia mobil di atas lima tahun terkadang berbagai masalah terjadi, seperti pintu mobil yang susah atau tidak bisa tertutup rapat. Penyebabnya pun beragam, mulai dari pengait, engsel hingga karet pintu yang sudah aus atau rusak termakan usia.

“Masalah ini sering terjadi pada mobil tua, pintu susah ditutup sampai harus dibanting dengan keras. Bahkan ada yang mental kembali,” kata pebengkel Fahmi Jaya Motor di Bekasi, Fahmi.

Fahmi menyarankan, masalah pintu yang tidak bisa menutup dengan sempurna harus segera diperbaiki, karena dikhawatirkan akan merembet ke komponen lainnya. Untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu dibawa ke bengkel. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?.

Berikut ini tiga caranya:

Mengecek Bagian Pengait
Bagian ini berfungsi mengait jangkar setelah pintu ditutup. Permasalahan yang biasa dialami karena pintu mobil sering ditutup dengan cara dibanting terlalu keras, akibatnya doorlock cepat aus.

Air yang masuk ke doorlock juga menjadi biang keladi dan menyebabkan komponen tersebut berkarat sehingga tidak berfungsi dengan baik saat pintu ditutup. Cara mengatasinya adalah dengan cara membuka handel pintu terlebih dahulu, kemudian periksa apakah ada pengait yang terlepas atau patah.

Jika masih bagus cukup dibersihkan bagian yang berkarat. Tapi kalau sudah rusak parah dan tidak bisa diperbaiki sebaiknya ganti dengan yang baru agar lebih aman saat berkendara.

Periksa Engsel Pintu
Permasalahan yang biasa terjadi adalah karena usia mobil atau karena perlakuan mobil yang tidak benar. Hal ini juga bisa dialami mobil usia muda. Kebiasaan membuka pintu dan dibiarkan menggantung terlalu lama salah satu penyebab engsel pintu turun.

Engsel yang sudah aus dan area sekitar engsel yang sudah keropos juga bisa menjadi penyebab, sehingga tingkat presisinya menurun. Untuk itu, Anda perlu melakukan penyetelan ulang pintu.

Mengecek Bagian Karet Pintu
Masalah karet pintu mengeras bisa terjadi karena dimakan usia. Solusinya adalah mengganti dengan yang baru. Jika ingin membeli karet pintu meteran, pintu bagian depan biasanya membutuhkan sekitar 4 meter. Tapi ada baiknya jika Anda menggantinya dengan yang orisinil, agar lebih awet dengan kualitas terjamin.

Nah, itulah tiga cara mudah mengatasi pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.