Pohon Randu ‘Raksasa’ Tumbang Timpa Gedung Koperasi Pesantren

  • Bagikan
Pohon Randu Raksasa Tumbang Timpa Gedung Koperasi Pesantren
Proses pembersihan pohon randu 'raksasa' tumbang timpa gedung koperasi pesantren (ist)

PortalMadura.Com, Sampang – Pohon randu ‘raksasa’ tumbang menimpa gedung koperasi lantai dua milik pondok pesantren (ponpes) Nurul Allam, Langger Temor, Desa Prajjan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (29/11/2021) pukul 02:30 WIB.

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Allam, KH. Abdul Walid menduga, tumbangnya pohon tersebut faktor hujan cukup tinggi, faktor usia dan mulai rapuh. “Peristiwa itu, terjadi saat para santri sedang tidur. Beruntung tidak ada korban jiwa,” katanya.

Hasa saja, seorang santri menderita luka memar dan sudah diwaba ke Puskesmas Camplong untuk mendapatkan pertolongan medis. Sedangkan kerugian akibat pohon berusia ratusan tahun itu tumbang diprediksi cukup besar, mulai dari gedung fasilitas lain dan listrik listrik.

Kasi Kebencanaan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Moh. Imam, sedang melakukan pemotongan dibantu warga dan para satri.

“Petugas melakukan asesmen ke lokasi kejadian. Kemudian melakukan pemotongan batang pohon menggunakan mesin dengan dibantu warga dan para santri,” terangnya.

Pihaknya meminta agar warga lebih waspada pada musim penghujan. Terutama, permukiman yang berada di bawah pepohonan serta dataran tinggi yang rawan longsor.

“Hindari kegiatan atau berteduh di bawah pepohonan saat hujan dan angin kencang. Jika ada pohon besar dan membahayakan, bisa langsung melaporkan ke petugas agar dapat diantisapasi sebelumnya,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.