oleh

Ponsel Anda Terendam Banjir? Lakukan 4 Cara Ini

PortalMadura.Com – Sejak malam pergantian tahun 2020, wilayah Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan yang menyebabkan titik di kawasan tersebut tergenang banjir.

Banjir di awal tahun tentunya membuat kegiatan masyarakat terganggu. Belum lagi jika ponsel tidak sengaja jatuh dan terendam banjir. Apa masih bisa diperbaiki, kalau sudah demikian?

Tidak perlu khawatir lagi, berikut ini ada beberapa cara mengatasi saat ponsel Anda terendam banjir, seperti dilansir PortalMadura.Com dikutip dari okezone.com. Yuks, simak dibawah ini.

Jangan Panik
Hal pertama yang Anda lakukan saat ponsel terendam banjir adalah jangan sampai panik. Cobalah ambil ponsel Anda dengan hati-hati, jangan langsung menyalakan ponsel. Setelah itu pastikan Anda mematikan ponsel. Hal tersebut untuk menghindai korsleting.

Keluarkan Kartu SIM, Kartu Memori, dan Baterai
Setelah mematikan ponsel, keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai. Bila Anda mengetahui cara melepas ponsel, akan lebih baik bila Anda melepas komponen lain pada ponsel. Hal tersebut untuk menghindari air yang masuk semakin lama berkubang pada bagian dalam ponsel.

Keringkat Ponsel Anda
Anda harus mengeringkannya setelah selesai mengeluarkan beberapa komponen ponsel. Untuk mengeringkan satu per satu komponennya, Anda cukup menggunakn tisu atau kain kering.

Baca Juga: Pengaruh Metode ‘Mind Mapping’ dalam Pembelajaran

Bukan cuma itu saja, Anda juga bisa menaruh ponsel pada bahan yang menyerap air, seperti misalnya beras. Beras mampu menyerap air pada ponsel hingga benar-benar kering.

Jangan Langsung Dinyalakan
Anda perlu untuk mengeringkan ponsel setidaknya dalam waktu 3 hari. Dalam kurun waktu tersebut, Anda tidak dianjurkan untuk langsung menyalakan ponsel. Tunggu hingga ponsel siap untuk digunakan.

Rewriter: Nurul Hijriyah
Sumber: okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.