oleh

PortalMadura.Com Raih Pendanaan Google News Initiative dalam Program JERF

PortalMadura.Com, Sumenep – Satu media daring yang ada di pulau garam Madura, yakni PortalMadura.Com meraih pendanaan dari Google News Initiative (GNI) dalam program bertajuk Journalism Emergency Relief Fund (JERF).

Pemred Portal Madura, Hartono menyebutkan, PortalMadura.Com merupakan satu dari 5.300 media daring di dunia yang mendapatkan pendanaan dari GNI untuk konten high quality selama pandemi Covid-19.

“Portal Madura masuk kategori media daring yang dinilai layak oleh Google News untuk mendapatkan dana itu selama darurat Covid-19,” katanya, Rabu (24/6/2020) malam.

Hartono menyampaikan terima kasih kepada Google News Initiative yang ikut memikirkan keberadaan PortalMadura.Com yang mengusung konten lokal Madura. “Dana dari GNI sudah kami terima,” terangnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), baik pusat maupun AMSI Jatim yang telah berperan aktif dan memberikan bimbingan serta solusi untuk kemajuan sebuah perusahaan media berkualitas.

Bahkan, dalam waktu hampir bersamaan, kata dia, AMSI juga resmi menjadi konstituen Dewan Pers. “Kami merasakan senang dan bangga menjadi anggota AMSI,” ucapnya.

Baca Juga : Resmi Jadi Konstituen Dewan Pers, AMSI Perkuat Ekosistem Jurnalisme Digital Berkualitas

Atas raihan dari Google News Initiative (GNI) tersebut, pihaknya juga berterima kasih kepada para pembaca setia PortalMadura.Com.

“Pembaca PortalMadura.Com adalah raja bagi kami. Berkat masukan dan kritikan yang positif serta kesetiaannya bersama PortalMadura.Com, kami mampu bertahan di tengah gelombang informasi yang butuh kecepatan, independen dan akurat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ludovic Blecher, Head of Google News Initiative Innovation, Kamis (28/5/2020) menjelaskan, google membuka pendaftaran dua pekan dan lebih 12.000 pengajuan dari 140 negara. Dan 90 persen di antaranya berasal dari newsroom atau media yang mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis.

Selama proses tersebut, tim Google News Initiative melibatkan lebih dari 300 Googlers (sebutan bagi karyawan Google) untuk memeriksa pendaftaran, serta menggelar belasan webinar dalam prosesnya.

Disebutkan, bahwa calon penerima terbanyak ada di kawasan Amerika Utara dengan lebih dari 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar), kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar), kawasan Amerika Latin dengan lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar).

Untuk kawasan Asia-Pasifik, dan Indonesia di dalamnya, tidak kurang dari 800 media yang menjadi calon penerima dari 2.000 lebih media yang pendaftar.

Media berskala kecil hingga menengah yang terpilih dinilai sudah memenuhi syarat. Disampaikan Ludovic Blecher, Head of Google News Initiative Innovation, dikutip dari keterangan tertulis perusahaan.

Kriteria pada program ini, yakni media yang beroperasi secara lokal dan yang melayani komunitas geografis tertentu.

Media yang terpilih berhak mendapatkan bantuan dana antara USD 5.000 hinggga 30.000. Untuk beberapa media di bawah naungan satu kelompok usaha, nilai dana darurat ini dibatasi hingga USD 85.000.

PortalMadura.Com di bawah naungan PT. Portal Cyber MP adalah satu-satunya media dengan konten lokal Madura yang mendapatkan pendanaan dari Google News Initiative pada program bertajuk Journalism Emergency Relief Fund (JERF).(*)

Penulis : Lisa Mana L
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar