oleh

PPDB SMA/SMK Bangkalan Segera Dibuka, Optimalkan Layanan Daring

PortalMadura.Com, Bangkalan – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK sederajat di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, tetap dibuka pada masa pandemi Covid-19.

Dijadwalkan, Pemprov Jatim akan membuka pendaftaran secara daring (online) melalui laman ppdbjatim.net, mulai 15-16 Juni 2020. Dimulai dengan jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi/penghargaan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Bangkalan, Sunarto menegaskan, PPDB di Bangkalan akan dilakukan baik secara online maupun offline (langsung datang).

Hal itu disebabkan beberapa faktor, salah satunya terkait sarana prasarana, sehingga tidak bisa disamakan dengan daerah lain yang sudah maju.

“Di Surabaya sudah lengkap, kalau di Bangkalan terkadang terkendala beberapa hal, misalnya perangkatnya, atau sinyalnya,” ungkap Sunarto, Selasa (9/6/2020).

Namun, pihaknya menekankan agar sebisa mungkin memanfaatkan layanan pendaftaran online yang sudah disediakan oleh Pemprov Jatim, selain memudahkan, juga untuk menghindari risiko terpapar Covid-19.

“Jika terpaksa datang langsung ke sekolah, harus sesuai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku. Pakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan,” tegasnya.

Pelaksanaan PPDB tahun ini dipastikan tidak akan dipungut biaya, alias gratis. “Kalau ditarik biaya silahkan laporkan, itu pungli,” tuturnya.

Menurut dia, sudah ada instruksi dan surat edaran yang mengatur pelarangan penarikan biaya PPDB. “Sudah diatur, ada instruksi dan surat edarannya. Kami minta pihak sekolah mematuhi itu,” tandasnya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar