oleh

Presiden Jokowi Godok 5 Nama Cawapres

PortalMadura.Com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bersama partai koalisi pendukungnya sedang memproses lima nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pemilu 2019.

Presiden mengaku lima nama itu merupakan hasil proses seleksi dari 10 daftar nama Cawapres yang tadinya dikantongi partai.

“Namanya digodok ya, sudah mengerucut,” ujar Presiden di Istana Negara, Rabu (11/7/2018), laporan Anadolu Agency.

Kata dia, proses seleksi nama tersebut hingga kini belum rampung. Jokowi – sapaan Presiden – pun memastikan akan menyampaikan hasil seleksi kepada publik jika sudah ada kepastian.

“Sabar. Kan, paling tinggal seminggu, dua minggu, tiga minggu lagi,” tukas dia.

Menurut Jokowi, lima nama yang saat ini diseleksi berasal dari berbagai kalangan. Di antaranya tokoh partai politik, tokoh non-partai, kalangan sipil serta dari TNI/Polri.

“Pengumuman ini menunggu matang dulu. Kalau belum matang gimana?,” tanya Jokowi kepada wartawan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum akan membuka pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden pada 4 Agustus 2018. Berdasarkan hasil survei beberapa lembaga, calon petahana Joko Widodo masih menjadi calon presiden dengan elektabilitas paling tinggi bila dibandingkan calon lain.

Hingga kini, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum mengumumkan siapa yang akan menjadi calon wakil presiden pilihannya. Presiden Joko Widodo sendiri telah mendapat dukungan dari delapan partai, di antaranya PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan.(AA)