Presiden RI Analogikan Ekonomi Global dengan Film Avengers

Avatar of PortalMadura.Com
Presiden RI Analogikan Ekonomi Global dengan Film Avengers
Presiden RI Joko Widodo saat memberikan pidato dalam acara World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, 12 September 2018. (Biro Pers Kepresidenan - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Presiden Joko Widodo menyebut kondisi Perekonomian Dunia saat ini menuju ‘perang yang tak terbatas' atau ‘infinity war'.

Mengambil cerita film ‘Avengers: Infinity War' dimana sosok bernama ‘Thanos' mengancam memusnahkan setengah populasi bumi, Presiden mengatakan ia dan sesama rekan ‘Avengers' lainnya siap untuk mencegah hal tersebut terjadi.

“Thanos ingin memusnahkan setengah populasi karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas,” ujar Presiden saat menyampaikan pidatonya pada World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, 12 September 2018.

Namun menurut Presiden, pada kenyataannya sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas. Perkembangan teknologi misalnya, telah menghasilkan peningkatan efisiensi, memberi kemampuan untuk memperbanyak sumber daya lebih banyak dari sebelumnya.

“Penelitian ilmiah membuktikan, ekonomi kita sekarang lebih ‘ringan' dalam hal berat fisik dan volume fisik. Dalam 12 tahun terakhir, total berat dan volume televisi, kamera, pemutar musik, buku, surat kabar, dan majalah telah tergantikan oleh ringannya ponsel pintar dan tablet,” kata Presiden.

Presiden juga memberikan contoh bagaimana pembangkit listrik berbahan bakar batu bara yang besar dan berat, sudah mulai diganti oleh panel surya yang tipis dan ringan.

Di depan sejumlah pimpinan negara yang hadir, Presiden juga memaparkan bahwa sudah saatnya peningkatan ekonomi didorong bukan lagi dari sumber daya alam, melainkan sumber daya manusia yang tidak terbatas.

“Asian Games dan Asian Para Games yang diadakan di Jakarta dan Palembang, merupakan pertunjukan spektakuler dari bakat manusia di Asia. Lebih dari 14 ribu atlet dan 7 ribu officials dari 45 negara bertanding di 40 cabang olah raga,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi juga mengatakan secara khusus di Indonesia, sumber daya manusia khususnya kaum muda sedang menggerakkan transformasi e-Commerce dan ekonomi digital

“Saat ini, Indonesia telah memiliki empat ‘Unicorn' atau perusahaan start-up dengan nilai miliaran dolar, sama dengan jumlah ‘Unicorn' di gabungan 28 negara di Uni Eropa,” ucap Presiden.

Oleh sebab itu ia yakin, ASEAN, termasuk Indonesia akan menjadi yang terdepan dalam Revolusi Industri 4.0. Presiden kembali mencontohkan dalam Asian Games misalnya, Indonesia telah mempertunjukkan uji coba mobil otonom (tanpa pengemudi) yang beroperasi di jaringan 5G. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.