Program Aslut, Rp. 3 Juta Bagi Lansia di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Program Aslut, Rp. 3 Juta Bagi Lansia di Sumenep
dok. Mbah Satami (75) warga Dusun Moralas, Desa Karduluk Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang hidup sebatangkara tak beridentitas (@portalmadura.com).

PortalMadura.Com, – Warga Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3 juta pada program bantuan Asistensi Lanjut Usia (Aslut) tahun 2021.

“Rp. 3 juta itu dalam setahun,” terang Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Moh. Ikhsan, Senin (18/1/2021).

Bagi yang mendapatkan program itu, akan cair setiap tiga bulan sekali sebesar Rp 750 ribu. “Jadi, hitungannya Rp 250 ribu per bulan,” sebutnya.

, kata dia, dalam rangka menyambung hidup warga lanjut usia yang dananya dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep.

Prosedur untuk mendapatkan program tersebut, pihak pemerintah desa mengusulkan ke pemerintah kabupaten melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan akan dilakukan survei.

Syarat dasarnya, kata dia, warga yang berumur dari 60 tahun ke atas, tidak memiliki penghasilan dan tidak ada keluarga yang merawat.

Bila masih memiliki keluarga, tidak bisa mendapatkan bantuan program Aslut. “Karena masih ada yang bisa memberi nafkah, baik anak atau keluarganya,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.