Prosesi Arya Wiraraja, Mengenang Berdirinya Kabupaten Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Prosesi Arya Wiraraja Sumenep
Prosesi Arya Wiraraja Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwsata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Febriyanto mengatakan, prosesi penyerahan Pataka dari Adipati Pertama, Sumenep ke Bupati Sumenep, A Busyro Karim merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Jadi ke 745 tahun 2014 Kabupaten Sumenep.

Menurut dia, rangkaian peringatan “” ini dimaksudkan agar pemerintah bersama masyarakat bisa mengenang berdirinya Kabupaten Sumenep dan melestarikan budaya yang dimiliki.

“Selain untuk mengenang berdirinya Sumenep juga untuk melestarikan kebudayaan lokal seperti tarian khas keraton,” terang Febriyanto, Minggu (2/11/2014).

Ditempat yang sama, Bupati Sumenep, A Busyro Karim memaparkan, dalam momentum Hari Jadi ke 745 Sumenep ini juga dimeriahkan oleh pawai budaya yang diikuti oleh 14 kabupaten se Jawa Timur.

“Kebetulan Sumenep menjadi tuan rumah acara Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) Jawa Timur, yang diikuti oleh sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur,” terang Bupati dalam sambutannya.

Peringatan Hari Jadi Sumenep yang ke 745 merupakan hari bersejarah, karena bertepatan dengan Arya Wiraraja diangkat sebagai Adipati pertama di Sumenep. Dan menjadi cikal bakal terbentuknya Republik Indonesia (RI).

“Makanya kita harus bersyukur dan mengenang peristiwa bersejarah ini,” ujarnya.

Terbentuknya Kabupaten Sumenep, hingga sekarang ini juga tidak terlepas dari peran Arya Wiraraja dan masyarakat. “Untuk itu kita harus mengingat dan membuka sejarah serta mengambil hikmah dari sejarah itu,” tandasnya.

Pada momen Hari Jadi ke 745 ini, sengaja memilih tema “Pesona Pulau Giliyang” sebagai kesehatan yang kerkelas Nasional, serta untuk mengenalkan kepada masyarakat nusantara bahwa Sumenep memiliki potensi wisata termasuk wisata kesehatan.(arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.