oleh

PT Sumiati Mempekerjakan 1.400 Perempuan Asal Madura (Bagian 3)

SUMENEP (PortalMadura) – Aksesoris dari bahan baku kerang yang dirintis Ibu Sumiyati (50), warga Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, ternyata juga dihasilkan dari kreatifitas perempuan asal Madura.

Lebih dari 10 ribu macam kerajinan yang tembus Pasar Internasional itu, bahan dasarnya dari Madura, termasuk para pekerjanya. “Karyawan saya semuanya perempuan asal Madura. Bahan bakunya, mayoritas diambil dari Madura,” terang Sumiati.

Untuk bahan baku selain kerang, kata dia, ada yang dipasok dari Yogyakarta dan Lombok. “Selain dijual di pasar lokal, juga telah dieksport ke Eropa, seperti Amerika Serikat dan Asia seperti Korea dan Jepang,” urainya.

Mengingat luasnya permintaan pasar baik lokal maupun luar negeri, maka pihaknya setiap tahun harus menambah karyawan. Pada waktu berbentuk CV masih 10 orang. Namun, setelah berbentuk PT, jumlah karyawan terus bertambah. “Sekarang ada 1.400 karyawan perempuan,” katanya.(htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE