oleh

PU Kebut Perbaikan Jalan Alternatif

PortalMadura.Com, Bangkalan – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur kebut perbaikan jalan alternatif menjelang arus mudik lebaran.

“Kami prioritaskan untuk perbaikan jalan lingkar di pasar Tanah Merah yang mengalami rusak parah,” jelas Ir. Taufan Zairiansyah, Sabtu (12/7/2014).

Ruas jalan ini, menurut Taufan, merupakan jalur alternatif utama yang menghubungkan kabupaten Bangkalan dengan Kabupaten-kabupaten lainnya di Madura. “Dalam seminggu ini Insyaallah sudah kami selesaikan pekerjaannya,” janjinya.

Selebihnya, kondisi jalan yang kami miliki masih cenderung baik. “Sehingga belum perlu perbaikan karena 98% ruas jalan Kabupaten masih dalam kondisi baik,” ujarnya.

Disinggung tentang banyaknya ruas jalan Provinsi yang berlubang dan berpotensi menyebabkan laka lantas, Taufan menjawab bahwa pengerjaannya di luar tanggung jawabnya.

“Ruas jalan Provinsi bukan dalam ranah pekerjaan kami karena anggarannya diambilkan dari APBN,” jelas Taufan.

Namun, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Balai pemeliharaan jalan provinsi untuk bersama-sama mencari solusi perbaikan ruas jalan yang rusak.

“Khususnya ruas jalan di daerah utara yang menghubungkan Kecamatan Bangkalan dengan kecamatan-kecamatan lain di wilayah utara seperti Arosbaya, Klampis, Sepulu dan Tanjung Bumi,” urainya.

Kondisi jalan di wilayah utara ini rata-rata rusak parah diakibatkan banjir yang melanda wilayah utara saat musim penghujan lalu.

Menurut salah satu sumber dari Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Jawa Timur, saat ini dana yang tersedia untuk pemeliharaan jalan sangat minim.

Oleh karenanya dana 400 juta yang tersisa sepanjang tahun 2014 ini akan dihabiskan atau diserap untuk upaya perbaikan jalan sepanjang jalur utara menjelang arus mudik lebaran tahun ini.(dit/nia)


Komentar