Puluhan Jabatan Strategis Pemkab Pamekasan Dibiarkan Kosong

  • Bagikan
dok. Gerbang Salam Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Puluhan jabatan strategis di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur dibiarkan kosong. Sebagian dari jumlah tersebut harus diisi dengan pelaksana tugas (Plt).

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Pamekasan, Sri Puja Astutik memerinci, ada 40 jabatan yang sampai sekarang belum ada yang mengisi, dari jumlah tersebut 1 orang eselon II b, 2 orang eselon III a, 5 orang eselon III b, 21 orang eselon IV a, dan 10 orang eselon IV b.

“Bahkan ada pula jabatan II a, yakni Sekretaris Kabupaten (Sekkab) yang dijabat pelaksana tugas (Plt). Akan lebih efektif dan optimal ketika jabatan yang kosong itu dijabat pejabat definitif,” katanya, Sabtu (24/3/2018).

Astutik menambahkan, kekosongan jabatan tersebut lantaran ada pejabat yang mengundurkan diri, pensiun dan bahkan karena meninggal dunia. Pengisian jabatan merupakan kebijakan pejabat pembina kepegawaian (PPK) dalam hal ini kepala daerah, tetapi sekarang tidak bisa melakukan mutasi karena mendekati pemilihan kepala daerah (pilkada) sesuai dengan UU Nomor10 Tahun 2016.

“Dimana 6 bulan sebelum pilkada dilarang melakukan mutasi sampai 6 bulan setelah pelantikan kepala daerah yang baru. Sementara jabatan yang tidak terisi itu mulai Sekkab sampai Kasubag,” jelasnya.

Tetapi, lanjut dia, pengisian jabatan atau mutasi pejabat bisa dilakukan asalkan ada surat tertulis dari kementerian dalam negeri (Kemendagri). Namun, pimpinan daerah sampai sekarang tidak mengajukan pengisian jabatan kosong tersebut.

“Tetapi untuk eselon II a dan II b harus dilakukan seleksi terbuka. Karena merupakan jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama,” pungkasnya. (Marzukiy/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.