PWI Pamekasan Godok Anggota Piawai Menulis Berita Features

Avatar of PortalMadura.com
PWI Pamekasan Godok Anggota Piawai Menulis Berita Features
Latihan Kepenulisan Berita Features Oleh PWI Pamekasan (Foto: Marzuky)

PortalMadura.Com, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melatih para anggota pintar menulis berita jenis features di ruang pertemuan Pendopo Budaya Wakil Bupati, Jalan Jokotole, Jumat (27/12/2019).

Latihan kepenulisan berita features ini mendatangkan Masuki M Astro sebagai pemateri. Pria yang pernah bertugas di Bali sebagai wartawan itu adalah Redaktur ANTARA Biro Jawa Timur dan Pengajar Tidak Tetap di Lembaga Pendidikan Jurnalis ANTARA (LPJA) Jakarta.

Features adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. Jenis berita ini berbentuk narasi dan menekankan pada human interest.

Baca Juga: Pastikan Rekrut Pemain Timnas Indonesia U-23, Siapa Dia?

“Kami sengaja mengadakan acara ini untuk memberikan pengetahuan kepada wartawan, khususnya anggota . Karena kita jarang sekali menulis berita features ini,” ujar Ketua PWI Pamekasan, Abd. Aziz, dalam sambutannya.

Pihaknya sengaja mendatangkan pemateri handal agar bisa memberikan motivasi kepada wartawan untuk senantiasa berkarya dan menulis yang benar sesuai dengan kaidah jurnalistik. Sebab, pemateri yang telah melanglang buana di bumi Nusantara dengan karya nyatanya dipastikan akan berdampak positif pada ghirah menulis wartawan.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan dampak positif kepada kita semua. Tugas kita sebagai wartawan adalah memberikan informasi yang mendidik dan menghibur pembaca,” tambah dia.

Masuki M Astro merupakan pria asal Kabupaten Pamekasan yang saat ini aktif di Surabaya sebagai redaktur Antara Biro Jawa Timur. Selain pernah bertugas di Bali, yang bersangkutan juga pernah menjalankan tugas jurnalistiknya di Jember. Akibat kepiawaiannya dalam menulis, pria paruh baya ini beberapa kali menyabet penghargaan.

Adapun satu penghargaan yang pernah diraihnya adalah sebagai peraih penghargaan Adinegoro tingkat nasional 2012 untuk penulisan berita features, kemudian sebagai peraih beasiswa di Korea Selatan tahun 2010 tentang kepenulisan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.