oleh

PWI Pamekasan: Peran Kontrol Harus Tetap Dilakukan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta kepada pengurus dan anggotanya agar senantiasa menjadi penebar informasi yang bermanfaat dan bertanggung jawab kepada masyarakat.

Ketua PWI Pamekasan, Abd. Aziz mengungkapkan, PWI sebagai organisasi profesi wartawan yang diakui dewan pers harus bisa mendorong kemajuan daerah dari berbagai hal yang sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“PWI harus menjadi penyalur energi positif kepada khalayak dengan membangun optimisme dan mendorong kemajuan dalam banyak hal, dan ini sejalan dengan kode etik jurnalis, yakni niat dan i’tikad baik harus menjadi fondasi ideologis dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik di lapangan,” kata Aziz, Sabtu (23/2/2019).

Wartawan LKBN Antara ini menambahkan, para kuli tinta juga harus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pers di tengah berkembangnya Media Sosial (Medsos). Sehingga peran jurnalis yang dilindungi Undang-undang akan dirasa penting dalam setiap peran dan kerjanya sebagai penebar informasi positif dan bertanggung jawab.

Menurutnya, stigma sebagian masyarakat yang menganggap wartawan hanya sebatas mencari kesalahan orang lain menjadi tugas jurnalis, khususnya mereka yang tergabung di PWI untuk mengubah anggapan miring tersebut dengan bekerja secara profesional.

Baca Juga : Guru Honorer Pamekasan Hanya Digaji Rp 150 Ribu

“Tapi, bukan berarti kita harus meninggalkan peran kontrol kita. Peran kontrol harus tetap dilakukan. Berita yang mengkritik tidak dilarang, akan tetapi harus berimbang dan solutif. Berimbang dan solutif ini yang saya sebut bertanggung jawab. Tidak hanya menyajikan berita bernuansi kritik, akan tetapi juga menyampaikan solusi dalam berita yang kita tulis,” tandasnya.

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unair ini mengingatkan kembali tentang komitmen masyarakat pers untuk mendukung kemajuan ekonomi kerakyatan di era digital, sebagaimana telah menjadi tema Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang digelar di Surabaya pada 6 hingga 9 Februari 2019.

“Makanya, Raker PWI Pamekasan saat ini, hendaknya mengacu kepada komitmen masyarakat pers sebagaimana tertuang dalam tema HPN 2019 itu,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar