oleh

Racik Daun Sirih Jadi Hand Sanitizer Ampuh Cegah Corona

PortalMadura.Com – Menggunakan Hand Sanitizer saat ini menjadi salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Virus. Hand Sanitizer terbukti secara Klinis mampu mengurangi Bakteri, Kuman, dan Virus yang menempel pada tangan.

Namun, kebutuhan Hand Sanitizer saat ini yang semakin meningkat ditengah pandemi Virus Corona, sehingga stok di pasaran semakin langka. Tapi tidak perlu khawatir, Hand Sanitizer dapat Anda produksi sendiri menggunakan bahan-bahan alami di sekitar.

Berikut PortalMadura.Com telah merangkum cara membuat Hand Sanitizer menggunakan Daun Sirih yang dilansir dari laman ZetaHelp.com, Rabu (13/5/2020).

Persiapkan Bahan-bahan:
Daun sirih 50 gram
Air panas 200 ml
Air bersih 200 ml
Jeruk nipis 8 ml

Persiapkan Alat:
1 buah panci
Gelas ukur
Botol spray
Pisau
Saringan

Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Daun Sirih:

Langkah pertama cuci Daun Sirih hingga bersih kemudian potong kecil-kecil Daun Sirih tersebut. Langkah kedua panaskan air yang telah disiapkan, setelah air mendidih masukkan potongan Daun Sirih, setelah selesai diamkan dan tunggu selama 30 menit, setelah dingin saring rendaman Daun Sirih ke dalam gelas ukur. Langkah ketiga tambahkan perasan air Jeruk Nipis dan tambahkan air secukupnya, aduk hingga tercampur rata. Langkah terakhir tuangkan ke dalam botol spray. Hand Sanitizer siap digunakan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar