oleh

Rahasia Sehat Bunga Lawang yang Belum Anda Ketahui

Portalmadura.Com – Bunga lawang/pekak merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa di gunakan dalam setiap masakan yang ada di Indonesia.

Rempah yang memiliki nama latin Illicium verum ini tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai bumbu masakan lho. Namun dengan bentuknya yang cantik dan berwarna cokelat ini, ternyata bunga lawang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Ingin tahu apa saja manfaat yang terkandung didalamnya?

Manfaat Bunga Lawang

Berikut ini beberapa manfaat bunga lawang bagi kesehatan Anda :

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat yang sangat baik dari bunga lawang adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Hal ini karena bunga lawang memiliki kandungan anethol, yaitu komponen utama minyak adas bunga lawang.

Minyak ini bisa digunakan sebagai obat karena bersifat antispasmodic, antiseptik, obat penenang, sebagai stimulan pencernaan dan sifat-sifatnya. Mengkonsumsi minyak adas bunga lawang juga berfungsi mendetoksifikasi pada tubuh.

Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan Wanita

Minyak bunga lawang memiliki sifat estrogen yang memudahkan masalah hormonal wanita seperti kram saat menstruasi. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengoles minyak ke bagian yang sakit dan pijat perlahan atau bisa juga diminum dengan air hangat bersama dengan rebusan asam jawa.

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti kembung, susah buang gas atau perut bergas, maka minum minyak bunga lawang dengan air hangat di pagi hari akan melancarkan pencernaan saat sembelit dan memudahkan gas keluar dari perut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak dari pohon bunga lawang memiliki pengaruh terhadap kontrol tekanan darah. Dengan mengkonsumsi minyak bunga lawang akan membantu mengurangi tekanan pada jantung, dan menguatkan jantung karena mengandung sifat analgesik alami.

Meredakan Flu dan Batuk

Jika Anda sudah sering mendengar bahwa cengkeh bisa mengurangi sakit gigi, maka adas bunga lawang juga memiliki khasiat serupa. Sifat antiseptik dari adas membantu untuk menyembuhkan luka kecil dan lecet. Ini membantu dalam pencernaan makanan dan memberikan bantuan instan untuk batuk, flu dan meriang.

Rempah alami ini sangat ampuh untuk kesehatan Anda, tidak perlu bayar mahal untuk beli obat. Disamping sebagai bumbu masakan minyak bunga lawang ini juga bersifat anti-mikroba dan anti-jamur yang dapat membantu menyingkirkan batuk dan pilek. Aromanya yang kuat dianggap sebagai obat penenang alami dalam membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.

Rewriter: Muhammad Zakariya
Editor: Firman Ghazali Akhmadi

Komentar