oleh

Raspberry, Buah Mungil Yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Raspberry atau frambos merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah raspberry ada yang berwarna hitam, ungu, kuning, dan merah. Namun, buah raspberry merah (Rubus idaeus) adalah jenis raspberry yang paling populer dan banyak dikonsumsi.

Raspberry merupakan buah yang rendah kalori, tetapi padat nutrisi yang menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (1/4/2021), berikut manfaat raspberry untuk kesehatan:

Memelihara Fungsi Otak

Kandungan antioksidan yang tinggi pada raspberry diketahui baik untuk memelihara kesehatan otak, meningkatkan memori, dan mengurangi risiko terjadinya gangguan fungsi otak, seperti pikun atau demensia, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

Menjaga Kesehatan Tulang

Raspberry mengandung kalsium, protein, dan antioksidan resveratrol yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang dan meringankan gejala radang sendi.

Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi pada raspberry menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang baik untuk jantung.

Mencegah Kanker

Buah raspberry merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Raspberry merupakan sumber serat yang baik yang dapat melancarkan pencernaan sekaligus menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus dan bisa mengurangi risiko untuk terkena gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Menurunkan Berat Badan

Raspberry rendah kalori dan tinggi serat serta nutrisi, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Karena kaya serat dan protein, buah ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga terbantu dalam mengontrol nafsu makan.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Raspberry memiliki kadar indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis ketika Anda mengonsumsinya. Dengan gula darah yang terkontrol, Anda akan terhindar dari resistensi insulin dan diabetes.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi dan beragam senyawa pada raspberry juga baik untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini kulit. Berkat kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi, buah ini baik dikonsumsi untuk mendukung produksi kolagen.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar