Rasulullah Anjurkan Umat Islam Berwudu Sebelum Tidur, Ternyata Ini Khasiatnya

Avatar of PortalMadura.com
Rasulullah Anjurkan Umat Islam Berwudu Sebelum Tidur, Ternyata Ini Khasiatnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu syarat sahnya salat umat Islam yaitu dianjurkan mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah saat hendak menghadap Allah SWT dengan cara mengambil wudu. Namun, aktivitas ini tidak hanya dianjurkan ketika akan melaksanakan salat, sebelum tidur pun disarankan untuk berwudu.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Apabila engkau hendak tidur, berwudulah sebagaimana wudu ketika hendak salat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, dan bacalah doa: Ya Allah, aku tundukkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena rasa takut dan penuh haram kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari hukuman-Mu kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.

Jika kamu mati di malam itu, kamu mati dalam keadaan fitrah. Jadikanlah doa itu, sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan sebelum tidur,” (HR. Bukhari 247 danMuslim 2710).

Segala hal yang dilakukan Rasulullah itu tentu memiliki manfaat bagi manusia. Mengenai perintah berwudu sebelum tidur yang diperintahkan Rasulullah tersebut, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Seorang Dekan Fakultas THT, Universitas Alexandria, Dr Musthafa Syahatah menyebut, bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudu sehingga kulit menjadi bersih. Kulit yang bersih akan melindungi seseorang dari berbagai penyakit.

Selain itu, dalam hadis lain juga dijelaskan bahwa berwudu sebelum salat akan didoakan malaikat. Dari Abdullah bin Umar r.a, bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'” (HR. Ibn Hibban 3/329). Wallahu A'lam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.