Ratusan CJH Pamekasan Terdeteksi Penyakit Berisiko, Rata-rata Karena Usia

Avatar of PortalMadura.com
Ratusan CJH Pamekasan Terdeksi Penyakit Berisiko, Rata-rata Karena Usia
Ilustrasi (jadiberita.com)

PortalMadura.Com, – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terdeteksi mengalami penyakit dengan risiko tinggi. Seperti hipertensi, kencing manis, dan kolesterol tinggi.

Hasil pemeriksaan tahap pertama yang dilakukan pada Desember 2018 hingga Februari 2019, tercatat ada 205 orang dari 757 CJH yang check up kesehatan itu mengalami penyakit berisiko berdasarkan pemeriksaan dari Puskesmas yang ditunjuk.

“Rata-rata mereka yang mengalami penyakit itu karena faktor usia, yaitu di usia 50 tahun ke atas. CJH yang belum melakukan pemeriksaan bisa pada tahap kedua,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ali Maksum, Selasa (2/4/2019).

Ali Maksum meminta kepada para calon jemaah haji agar menjaga pola makan hingga waktu pemberangkatan tiba demi menjaga kesehatan tubuh. Karena ibadah haji ini membutuhkan kesehatan fisik yang mumpuni.

“Untuk masalah pemeriksaan ini gratis karena telah dianggarkan oleh Pemkab Pamekasan,” tandasnya.

Adapun tahap kedua, pemeriksaan kesehatan dimulai sejak Maret 2019 dengan jumlah CJH yang telah mengecek kesehatannya sebanyak 609 orang. Tetapi masih belum ada yang memeriksa kesehatan lantaran bekerja di luar daerah, bahkan di luar negeri.

Baca Juga : Gempa Sumenep, Kerusakan Bangunan Terus Bertambah

“Nanti mungkin pulang sebelum hari raya dan tidak kembali lagi untuk persiapan berangkat ke tanah suci,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.