Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terendam Banjir

Avatar of PortalMadura.com
Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terendam Banjir
Kondisi Banjir Arosbaya, Bangkalan

PortalMadura.Com, – Lahan pertanian milik warga seluas 180 hektar di wilayah Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur tergenang banjir kiriman, Rabu (6/2/2019).

Banjir kiriman dari wilayah Kecamatan Geger menerjang wilayah itu sejak pukul 04.00 WIB. Bahkan, BPBD Bangkalan mencatat, sedikitnya 600 kepala keluarga (KK) terdampak banjir. Sejumlah ruas jalan juga terendam.

Baca Juga : Kodam dan Dishut Jatim Sidak Program Penghijauan Ruas Jalan di Bangkalan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Morris menyampaikan, selain curah hujan tinggi, tersumbatnya saluran air dan perubahan tanah tidak lepas menjadi faktor terjadinya banjir dan diperparah dengan air laut dalam kondisi pasang.

“Status tanah awalnya bisa menyerap, sekarang ngak. Itu harus disadari semua, karena kita tidak bisa bekerja sendiri,” dalihnya, Rabu (6/2/2019).

Penanganan jangka panjang dinilai perlu untuk dilakukan, seperti reboisasi lingkungan. “Kita akan minta masyarakat agar tidak menebang pohon sembarangan, biar tidak menyebabkan banjir,” katanya.

Hingga berita ini dilansir PortalMadura.Com, pihak BPBD terus bekerja untuk mendata dampak banjir yang dialami di wilayah Arosbaya, Bangkalan. OPD terkait juga terjun ke lapangan sambil memberikan makanan siap saji.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.