Rawan Konflik, Polres Sampang Petakan Pola Pengamanan Pilkada

Avatar of PortalMadura.com
Rawan Konflik, Polres Sampang Petakan Pola Pengamanan Pilkada
ilustrasi

PortalMadura.Com, , Madura, Jawa Timur, menyusun peta pola pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 2018.

Pemetaan pola pengamanan TPS itu diklasifikasikan dalam tiga kriteria. Yaitu aman, rawan 1 dan rawan 2.

Kapolres Sampang, AKBP Budhi Wardiman menjelaskan, pada pola pengamanan TPS aman, akan menerjunkan dua personel polisi dan sepuluh Linmas yang tersebar di lima TPS.

Sedangkan rawan satu, akan dijaga ketat oleh dua anggota Polri dan delapan anggota Linmas di empat TPS.

Kemudian untuk kriteria rawan dua, pihaknya menerjunkan dua anggota Polri dan dua Linmas di satu titik TPS.

“Selain dari TPS tiga kriteria, juga terdapat TPS khusus yang berada di RSUD, Lapas, serta 36 TPS rawan banjir,” tuturnya, Senin (19/2/2018).

Disebutkan, dalam tabulasi pemetaan terhadap beberapa daerah rawan pada tingkat kecamatan, meliputi Kecamatan Sampang, Kedungdung, Karang Penang dan Ketapang.

Hal tersebut berdasarkan pada pesta demokrasi Pilkada beberapa tahun silam. “Pemetaan masih bersifat sementara. Karena, dalam beberapa hari ke depan dapat berubah dan sesuai dengan kondisi lapangan. Jadi, daerah rawan bisa menjadi aman atau sebaliknya,” ungkapnya.

Menurutnya, polemik utamanya terdapat beberapa hal yang menjadi pemicu. Yakni jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diduga tidak sesuai dengan fakta, adanya keterlibatan kepala desa dan lain sebagainya.

“Tentu, upaya kami ke depan akan memantau langsung untuk monitoring dan memberikan imbauan kepada penyelenggara dan Kepala Desa (Kades) agar saling mencegah politik praktis. Sedangkan bagi masyarakat umum agar memilih sesuai hati nuraninya,” tandasnya. (Rafi/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.