oleh

Rawat Headset atau Earphone Anda dengan 3 Cara Berikut

PortalMadura.Com – Saat ini banyak pengguna smartphone yang ke mana-mana sering bawa headset atau earphone. Apalagi saat ini yang sering kali ada agenda daring, baik bekerja maupun belajar. Selain itu, headset atau earphone juga bisa untuk mendengarkan musik secara pribadi tanpa mengganggu orang lain.

Sayangnya, aksesoris yang mudah dibawa ini tergolong cepat rusak. Pada umumnya, kerusakan disebabkan oleh penggunanya, beda cerita jika kualitas suaranya jelek sejak pembelian.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Nah bila hal ini tidak ingin terjadi pada headset atau earphone kesayangan Anda, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan agar perangkat Anda lebih awet.

Lantas, bagaimana caranya?. Dilansir dari metrotvnews.com, Berikut ini ulasannya:

Jangan Sembarang Cabut

Pertama adalah hal yang mungkin Anda tidak sadari, ketika mencabut headset dengan kondisi lagu masih terputar hal tersebut bisa menyebabkan perangkat audio di dalamnya cepat rusak.

Bunyi ‘pop’ yang berasal ketika headset langsung Anda cabut saat musik memutar menandakan bahwa perangkat audio driver yang sedang berjalan mendadak berhenti, akibatnya lambat laun kualitas suara menurun.

Jadi ,langkah menonaktfikan headset yang benar adalah, matikan terlebih dahulu software audio yang berjalan lalu cabut headset dari perangkat. Satu hal yang juga diingat, jangan pernah memaksimalkan volume audio yang diputar karena beban kerja perangkat audio memiliki batasan kemampuan.

Jangan lupa pula ketika mencabut headset atau earphone pastikan Anda memegang bagian yang padat atau kepala ujung colokan, bukan kabelnya. Hal semacam ini sangat sering Anda lupakan yang sebenarnya berakibat fatal terhadap kondisi jaringan kabel yang ada di bagian dalam. Hal ini juga harus diterapkan saat melepas ujung perangkat dari lubang telinga Anda, jangan pernah menarik bagian kabel.

Rajin Dibersihkan

Kedua adalah rajin membersihkan bagian dari headset atau earphone yang digunakan. Sebuah headset atau earphone biasanya ada bagian yang bisa dilepaskan dan kerap kita temukan debu dibagian tersebut.

Debu ini bisa dibersikan menggunakan sebuah kuas kecil atau kain yang dibasahi sedikit. Bukan karena perangkat audio di dalamnya sangat sensitif terhadap debu atau kotoran, hal ini demi menjamin kesehatan penggunanya. Dalam beberapa kasus, ditemukan headphone atau earphone yang kotor itu menjadi tempat bertelur seranggga.
Selain itu, perlakukan headset atau earphone seperti celana dalam Anda, sebisa mungkin jangan pernah bertukar dengan orang lain.

Simpan dengan Baik

Ketiga dan yang terakhir adalah simpan dengan baik headset atau earphone Anda. Jangan pernah menyimpannya dalam keadaan berantakan karena kondisi kabel perangkat yang kusut, selain membuat Anda sulit ketika ingin menggunakannya juga bisa mengakibatkan kerusakan.

Bahkan, Anda boleh menggulung kabel headset atau earphone Anda, tetapi jangan terlalu kencang supaya jaringan kabel di bagian dalamnya tidak terputus.

Pasalnya, kondisi ini sering sekali terjadi dan akibatnya headset atau earphone hanya menghasilkan suara pada salah satu bagian saja atau biasa disebut ‘mati sebelah’. Produk yang bagus biasanya menyediakan kantung atau kotak khusus untuk menyimpan.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar