oleh

Rayakan Maulid Nabi, Tradisi Tabur Uang Hingga Rebutan Buah di Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang disebut Maulid Nabi, dan jatuh pada hari ini, Rabu (28/10/2020) disambut dengan berbagai macam cara oleh warga Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Salah satunya di Desa Buluh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Tabur uang hingga rebutan buah dilakukan dengan melibatkan banyak warga. Hal ini diawali oleh warga muslim Desa Buluh dari pagi hingga sore hari dengan berkeliling atau saling kunjung antar warga.

Saat tiba di salah satu rumah warga, mereka rebutan buah yang sudah di sediakan tuan rumah. Bahkan, ada warga yang menabur uang dari atap rumah dan menjadi rebutan oleh anak-anak dan orang dewasa.

“Kejadian seperti ini memang lumrah, sebab tradisi ini sudah menjadi turun temurun,” kata Sekretaris Desa Buluh, Bangkalan, Syaiful.

Menurut dia, rebutan buah di bulan Maulid Nabi sudah menjadi tradisi. Mereka tidak merasakan gengsi meski harga buah tidak seberapa mahal.

“Disitu menjadi kebahagian serta kesenangan masyarakat saat menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Perayaan Maulid Nabi, kata dia, dilakukan secara serentak. “Itu kemauan masyarakat, sehingga ada kejadian unik dan menarik. Ada yang membawa karung, ember untuk dijadikan wadah buah hasil rebutan,” tuturnya.

Yang tercipta dari suasana tersebut, tidak ada warga yang marah meski harus tumpang tindih saat rebutan buah atau uang. “Mereka justru senang dan bahagia,” terangnya.

Filosofinya, kata Syaiful, tidak sekedar rebutan buah atau uang. Namun, mereka rebutan berkah dan syafaat serta ridla Allah, karena buah sudah diniatkan untuk merayakan Maulid Nabi.

“Yang direbut bukan semata-mata buahnya, melainkan syafaat Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.(*)

Penulis : M Saed
Editor : Dwi Oktaviana KK

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.