oleh

Realisasi DD di Pamekasan Akan Diperiksa

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dalam waktu dekat akan diperiksa terkait realisasi Dana Desa (DD). Termasuk, Bantuan Langsung Tunai (BLT) di masa pandemi Covid-19.

Kepala Inspektorat Pemkab Pamekasan, Mohammad Alwi mengatakan, pemeriksaan realisasi DD rencananya akan dilakukan pada bulan Juli 2020. Hal itu untuk memastikan serapan DD sesuai dengan aturan serta tepat sasaran.

“Kita memastikan DD itu tepat sasaran, kemudian pemeriksaan itu rencananya akan dilakukan pada bulan Juli mendatang,” ujar Mantan Pj. Sekda Pamekasan tersebut, Kamis (18/6/2020).

Alwi menjelaskan, pemeriksaan DD meliputi realisasi BLT-DD, pajak DD dan semua program yang bersumber dari DD. Untuk BLT-DD tidak semua desa akan diperiksa, hanya sebatas sampel bagi desa-desa tertentu. Berbeda dengan pajak DD yang merata untuk semua desa di 13 kecamatan.

“Karena kita keterbatasan personil, untuk realisasi BLT DD tidak semuanya diperiksa. Hanya, mengambil sampel saja,” tandasnya.

Alwi memungkasi, apabila ada temuan terkait realisasi DD tersebut akan dilakukan tindakan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Hasil pemeriksaannya nanti kita laporkan, kalau kesalahan administratif kita tegur secara lisan. Tetapi kalau ada temuan penyalahgunaan, ya dikembalikan ke APBDes,” pungkasnya.(*)

Penulis: Marzukiy
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar