oleh

Rutin Minum Wedang Jahe, Rasakan 7 Manfaat Ini

PortalMadura.Com – Di antara tanaman herbal lainnya, jahe termasuk tanaman yang paling populer dijadikan sebagai obat tradisional, rupanya manfaat jahe tidak hanya sekedar menambah kelezatan dan kehangatan dari wedang jahe, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kegunaan jahe untuk pencernaan. Selain itu, minuman ini juga bisa menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Rabu (17/6/2020) berikut berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh jika rajin minum wedang jahe.

Menghilangkan Mual
Rasa mual pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi tidak perlu kesal karena kita bisa menggunakan jahe sebagai salah satu cara untuk mengatasi mual dengan mengurangi gas dalam perut. Sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu diragukan lagi. Wedang jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan.

Meredakan Nyeri
Gingerol dan fenol, senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga. Wedang jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibanding hanya minum obat pereda nyeri saja.

Mengurangi Reaksi Alergi
Wedang jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herba ini memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

Menurunkan Berat Badan
Mengonsumsi wedang jahe merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat. minum wedang jahe hangat memang bisa membuat Anda merasa kenyang.

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Rasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan berupa dispepsia atau sakit maag dapat dibantu dengan jahe. Jahe bekerja dengan cara mempercepat waktu pengosongan lambung yang mengurangi kemungkinan timbulnya masalah perut.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis
Jahe adalah sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas. Tubuh Anda bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Unuk itu mengonsumsi wedang jahe baik untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Melawan Peradangan Rematik
Rutin minum wedang jahe dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar