Redakan Panas Dalam dengan 4 Makanan Sehat Ini Lho!

Avatar of PortalMadura.Com
Redakan Panas Dalam dengan 4 Makanan Sehat Ini Lho!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penyakit infeksi pada saluran pencernaan kerap kali disebut oleh masyarakat sebagai panas dalam. Panas dalam sebetulnya adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada tenggorokan. Kondisi ini menjadi pertanda datangnya sakit flu. Meski rasa sakit yang ditimbulkan tidak mengerikan, tapi kondisi itu membuat tak nyaman.

Panas dalam dapat disebabkan kekurangan suplai vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh, hingga konsumsi makanan berlemak. Masalah ini biasanya muncul setelah makan gorengan atau melakukan aktivitas fisik berlebihan. Panas dalam seringkali terjadi karena tubuh kurang mampu beradaptasi dengan cuaca ekstrem seperti di musim panas atau pancaroba.

Cara terbaik mengobati panas dalam adalah menemukan penyakit yang menjadi akar masalah. Cara mengetahuinya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Selain periksa ke dokter, Anda bisa mengatasi keluhan panas dalam dengan mengonsumsi makanan sehat. Mau tahu, apa saja makanan sehat yang mampu meredakan panas dalam? Simak ulasan dibawah ini.

Susu dan yoghurt
Susu mampu menetralisir kandungan asam di dalam tubuh. Sementara yoghurt yang merupakan minuman susu fermentasi kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi panas dalam.

Jahe
Minum wedang jahe bisa menjadi pilihan saat menderita panas dalam. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang menurunkan kandungan asam penyebab panas dalam.

Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang juga menetralisir asam lambung. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, saat merasa tidak enak badan, segeralah konsumsi buah jeruk agar kembali fit.

Air putih
Gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa terjadi akibat dehidrasi. Jadi, pastikan kebutuhan air putih tercukupi. Minumlah 8-10 gelas air putih setiap hari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.