Remaja Masa Kini, Ini 5 Cara Mudah Tentukan Pilihan Berorganisasi

Avatar of PortalMadura.Com
Remaja Masa Kini, Ini 5 Cara Mudah Tentukan Pilihan Berorganisasi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengikuti organisasi di sekolah memang mampu menumbuhkan energi positif dalam diri. Hal ini, agar remaja belajar bagaimana bekerjasama dengan temannya, untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Selain itu, dengan aktif di organisasi akan menambah nilai dalam CV mereka kelak ketika hendak mencari kerja. Berorganisasi juga bisa memberikan keterampilan kerja berkelompok. Akan tetapi, terkadang para remaja masih bingung untuk mengikuti organisasi apa yang ada di sekolah mereka.

Berikut lima cara yang mungkin harus Anda pertimbangkan sebelum masuk ke dalam organisasi:

Organisasi apa yang Anda Ikuti
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah organisasi apa yang Anda ikuti. Anda harus mengetahui apa saja yang dilakukan oleh organisasi ini, apakah organisasi tersebut organisasi positif atau malah justru negatif.

Banyak sekali orang yang salah karena tidak tahu dari awal organisasi apa yang sebenarnya ia ikuti, sehingga yang ia dapatkan lebih banyak negatif nya dibanding positifnya.

Jangan Ikut-ikutan Teman
Biasanya, ikut-ikutan teman merupakan hal yang paling wajar dalam urusan mengikuti suatu organisasi. Mulai saat ini, Anda harus berhenti melakukan hal itu. Karena, apa yang teman Anda suka atau mau belum tentu cocok dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan ikut-ikutan teman, biasanya Anda juga tidak akan total dalam berorganisasi.

Tentukan Tujuan Apa yang Ingin Anda Capai
Menentukan tujuan terhadap apa yang ingin Anda capai dalam organisasi menjadi penting. Karena sejatinya salah satu fungsi organisasi adalah untuk mengakomodir tujuan apa yang ingin Anda capai kelak di masa depan.

Kalau Anda tidak tahu tujuan apa yang ingin Anda capai dalam organisasi itu, semuanya akan menjadi percuma saja.

Sesuaikah dengan Keinginan Hati Anda?
Hal ini yang masih banyak kurang disadari oleh orang-orang terutama remaja yang ingin atau bahkan sudah masuk ke dalam organisasi. Masih banyak diantara mereka yang ingin masuk ke dalam organisasi namun bukan karena alasan keinginan dari hati melainkan tuntutan dari orang-orang di sekitarnya.

Bila tidak sesuai, lebih baik Anda cari organisasi lain yang memang sesuai dengan keinginan hati Anda.

Siapkan Diri Anda untuk Sibuk
Poin ini merupakan bagian yang paling penting. Banyak dari mereka yang tidak tahu bahwa dalam berorganisasi harus bersiap-siap menghadapi kesibukan di luar biasanya.

Banyak anggota organisasi yang menjadi “bingung” karena tidak siap dengan kesibukan yang akan ia hadapi di dalam berorganisasi. (tribunnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.