oleh

Resep Baru Menu Buka Puasa, Dimsum Tiongkok

PortalMadura.Com – Dimsum merupakan makanan yang berasal dari tiongkong, umumnya yang mengonsumsi makanan ini hanya dari kalangan menengah ke atas. Hidangan buka puasa yang istimewa untuk keluarga Anda bisa dengan menyajikan dimsum siomay udang.

Di Indonesia dimsum banyak sekali peminatnya, karena rasanya yang enak dengan bermacam jenis bahan lauk yang digunakan. Biasanya yang digunakan sebagai bahan utama dimsum yaitu daging ayam, daging ikan dan daging udang.

Kali ini Anda harus mencoba membuat dimsum ini untuk hidangan bagi keluarga Anda. Ini cocok sekali untuk Anda yang tidak suka makan besar di saat berbuka puasa, maka dimsum adala pilihan yang tepat. Apalagi ditemani dengan teh hangat, makan dimsum akan semakin terasa nikmat. Selain bisa disajikan sebagai makanan kudapan, dimsum juga bisa disajikan sebagai lauk makan nasi. Berikut resep terbaru membuat dimsum yang enak, dilansir dari laman Selerasa.com, Rabu (13/5/2020)

Bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Utama:
50 g udang kupas,lalu cincang halus
150 g fillet paha ayam,lalu cincang halus
25 g jamur kuping kering, rendam di dalam air hangat,lalu iris halus
1 batang bawang daun,lalu ambil bagian putihnya,lalu iris tipis

Bahan Bumbu:
1 sendok makan gula pasir
3 sendok makan tepung kanji
1 sendok teh angciu*)
1 sendok teh garam
½ sendok teh merica bubuk
¼ sendok teh minyak wijen
24 lembar kulit pangsit

Bahan Pelengkap:
1 buah wortel, lalu parut halus
Saos pedas secukupnya

Cara Membuat:
Pertama, bersihkan udang dari kulitnya dan bersihkan fillet paha ayam lalu cincang hingga halus. Selanjuntnya rendam jamur kering ke dalam air. Campurkan bahan seperti udang kupas dengan fillet ayam yang sudah dicincang halus dan tambahkan jamur kuping. Selanjutnya tambahkan bawang daun dan bagian putihnya yang diiris Tambahkan pula bumbu gula pasir, teh angciu, merica, minyak wijen. Kemudian tambahkan tepung kanji.

Uleni semua bahan hingga tercampur rata, selanjutnya tambahkan kulit pangsit dan wortel yang sudah diparut. Kembali aduk dengan rata, ambil adonan dengan sendok, letakkan adonan di atas selembar kulit pangsit. Kemudian, bentuk menjadi mangkuk dan taburi sedikit wortel cincang diatasnya. Lakukan yang sama pada sisa adonan hingga habis. Kukus selama 15 menit. Setlah matang Anda bisa langsung menyajikan atau digoreng terlebih dahulu. Jika ingin semakin nikmat, tambahkan saus pedas di atasanya sesua selera Anda. Selamat mencoba membuat dimsum di rumah.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Selerasa.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar