oleh

Resep Bihun Bebek Gurih Khas Medan yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Pernah menikmati bihun bebek gurih khas Medan?. Jika belum Anda wajib mencobanya, karena masakan ini sangat menyegarkan dan lezat.

Makanan ini memiliki topping daging bebek suwir yang dinikmati dengan taburan bawang goreng dan minyak bawang yang gurih. Nah, penasaran dengan bagaimana rasanya?.

Berikut resep bihun bebek gurih khas Medan sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (3/4/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan

1 ekor bebek muda
2 sdm cuka
2 sdt garam

Kuah Kaldu

1,5 liter air
3 cm jahe, memarkan
3 siung bawang putih, memarkan
2 batang daun bawang prei, potong-potong
1 sdm angciu
Garam dan merica bubuk secukupnya

Minyak Bawang

8 siung bawang putih, memarkan dan cincang
3 sdm minyak goreng
3 sdm minyak wijen

Bahan Pelengkap

Bihun secukupnya
Sambal rawit, kecap asin, daun selada, bawang goreng, daun ketumbar dan daun bawang secukupnya

Cara Membuat

Pertama, lumuri bebek dengan cuka dan garam hingga merata. Diamkan selama 2 jam. Cuci bersih bebek, potong-potong jadi beberapa bagian. Lalu, rebus bebek dengan hingga mendidih selama 10 menit. Buang air rebusan pertama ini.

Kemudian, masukkan air 1,5 liter dan bebek beserta semua bumbu kaldu. Masak menggunakan panci presto selama kurang lebih 25 menit. Matikan api. Panaskan minyak untuk minyak bawang, masukan bawang putih dan aduk terus hingga agak kecokelatan. Gunakan api kecil agar bawang tidak gosong.

Setelah itu, oseng terus agar matang merata. Jika sudah mulai cokelat, segera tiriskan bawang sambil sesekali disiram minyak panas. Matikan api dan sisihkan minyak bawang dan campurkan dengan minyak wijen.

Rebus bihun secukupnya dengan sedikit garam. Tiriskan setelah matang. Di dalam mangkuk, tuang 1 sdm minyak bawang, 1/2 sdm angsiu, dan sedikit merica bubuk. Tata bihun di dalam mangkuk, aduk rata dengan bumbu.

Terakhir, beri selada di samping mangkuk dan sajikan kuah bebek di mangkuk terpisah. Suwir-suwir daging bebek dan taruh di atas bihun. Sajikan bihun bebek dengan taburan bawang putih goreng dan daun ketumbar.

Selesai, bihun bebek khas Medan siap dinikmati selagi hangat. Bisa tambahkan sambal rawit jika ingin rasa pedas. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.com

Komentar