oleh

Resep Buka Puasa, Kroket Singkong Isi Cakalang Super Pedas

PortalMadura.Com – Singkong merupakan tanaman pangan yang memiliki nama lain ubi kayu. Tanaman ini berasal dari benua Amerika, tepatnya dari negara Brazil dan menyebar hampir ke seluruh dunia.

Di Indonesia, singkong memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang dan daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaat daun daun singkong sebagai bahan sayuran yang memiliki protein cukup tinggi, kayunya bisa digunakan sebagai pagar kebun dan singkongnya sendiri menjadi makanan bahan pangan pokok setelah beras dan jagung.

Singkong bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari perkedel, stik singkong, kripik, dan singkong rebus. Kali ini ada resep cara membuat kroket dari singkong yang cocok sekali untuk dijadikan lauk buka puasa atau sekedar dijadikan kudapan setelah makan. Berikut resep membuat kroket isi cakalan pedas dilansir dari laman Femina.co.id, Senin (18/5/2020)

Bahan-bahan :

Isi kroket:

2 sdm minyak sayur
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting
2 buah cabai rawit merah
2 cm lengkuas
1 batang serai
450 g daging ikan cakalang asap, suwir halus
½ sdt merica putih bubuk
½ sdt garam

Kroket:

750 g singkong
50 g keju cheddar, parut
50 g mentega tawar
50 g gula pasir
1 sdt garam
2 butir telur ayam, kocok lepas
150 g tepung panko
Minyak untuk menggoreng

Saus mustard, aduk rata:

100 ml mustard
50 ml mayones
1 sdt gula bubuk
½ sdt garam

Cara Membuat:

Pertama membuat isian kroket, kupas bersih dan cuci bawang merah, bawang putih, cabai lalu iris tipi-tipis. Memarkan lengkuas dan lengkuas, panaskan minyak untuk menumis semua bahan isian. Masukkan semua bahan isian, lalu tumis hingga harum dan sisihkan.

Kedua membuat kroket, rebus atau kukus singkong hingga matang, lalu haluskan dan campurkan singkong yang telah halus dengan keju, mentega, gula pasir dan garam. Aduk hingga tercampur rata.

Ketiga tipiskan adonan korket hingga rata, lalu isi dengan isian sebanyak satu sendok, bentuk adonan kroket menjadi bulat oval atau silinder sesuai selera Anda. Ulangi proses yang sama hingga bahan habis.

Keempat celupkan adonan ke dalam telur, angkat dan gulingkan ke tepung panko hingga rata seluruh permukaannya terbalut tepung. Ulangi proses yang sama hingga kroket habis.

Terakhir goreng kroket dalam minyak banyak yang panas hingga kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Sajikan selagi masih panas bisa di tambahkan dengan saus mustard.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Femina.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar