oleh

Resep Gulai Pisang Muda yang Cocok untuk Makan Siang

PortalMadura.Com – Pisang muda biasa hanya dijadikan camilan berupa kripik dengan rasa asin atau manis. Namun ternyata, pisang yang belum matang ini juga bisa dimasak menjadi menu gulai pisang muda.

Dicampur dengan bahan pelengkap lainnya, gulai pisang muda mempunyai rasa yang gurih dan bisa dijadikan menu makan siang. Penasaran dengan rasanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Bahan:

3 buah pisang kepok
2 sdm ikan teri
300 ml santan cair

Bumbu halus:

5 buah cabai keriting
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cengkeh
1 cm pala
1 cm kunyit1 buah adas
1 sdt ketumbar
1 butir kemiri

Bumbu utuh:

1 batang serai
1 ruas lengkuas
4 lembar daun jeruk
5 buah cabai rawit
1 buah cabai merah
garam, gula, lada bubuk, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:

Kupas pisang dan potong-potong serong. Kemudian rendam di dalam air garam agar tidak berubah warna dan membantu menghilangkan getahnya. Setelah itu, cuci ikan teri, buang kepala dan isi perutnya. Tiriskan dan goreng sebentar hingga matang, sisihkan. Lalu tumis bumbu halus hingga harum.

Memarkan serai dan lengkuas. Kemudian iris serong cabai merah dan kerat cabai rawit. Setelah itu, masukkan semua bumbu utuh ke dalam bumbu tumis.
Masak hingga bumbu matang dan aromanya sedap, tidak langu.

Tuang santan dan air secukupnya. Masak hingga mendidih. Kemudian masukkan pisang dan teri masak hingga empuk dan bumbu meresap. Tes rasa, jika sudah pas, angkat dan hidangkan selagi hangat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar