oleh

Resep Ikan Dori Asam Manis yang Menggugah Selera Anda

PortalMadura.Com – Ada banyak menu olahan ikan yang bisa dikreasikan menjadi masakan lezat. Salah satu olahan ikan yang bisa dijadikan santapan malam hari adalah ikan dori. Ikan Dori terkenal dengan dagingnya yang berserat halus dan lembut.

Ikan ini asalnya dari perairan laut dingin di kawasan Australia sehingga biasanya dijual dalam kemasan fillet kedap udara. Ikan dori dapat Anda buat menjadi masakan yang enak selain digoreng dengan tepung ikan dori dapat juga dimasak dengan saus asam manis.

Berikut ini adalah resep membuat ikan dori asam manis yang dapat Anda dicoba di rumah, seperti yang di lansir dari laman fimela.com.

Bahan-bahan:
250 gr ikan dori fillet
Tepung bumbu serba guna secukupnya
1 buah wortel (kupas dan iris memanjang)
1 buah bawang bombai (kupas dan iris)
3 siung bawang putih
Lada bubuk secukupnya
1 batang daun bawang (iris tipis)
1 buah tomat matang
Garam
4 sdm saus sambal
4 sdm saus tomat
3 sdm saus tiram

Cara Membuat:
Potong-potong ikan dori sesuai selera dan kemudian cuci bersih dengan air yang mengalir. Goreng ikan dengan tepung serbaguna, buatlah adonan basah dan kering, masukkan ikan ke dalam adonan basah yang kemudian masukkan ke adonan kering.

Goreng ikan yang sudah dibaluri tepung ke dalam minyak panas. Jika ikan sudah berubah warna kuning keemasan angkat dan tiriskan. Tumis bawang putih bersama dengan bawang bombai hingga harum. Masukkan wortel, tomat dan daun bawang hingga layu. Masukkan pula garam, lada, saus tomat, saus sambal dan saus tiram.

Tes rasa, jika masih ada rasa yang kurang dapat menambahkannya. Masukkan ikan dori goreng tepung ke dalam, lalu aduk hingga rata. Jangan masak terlalu lama, kemudian sajikan selagi masih hangat. Selamat mencoba!

Rewriter: Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar