oleh

5 Cara Atasi Rasa Takut Anak Ke Dokter Gigi

PortalMadura.Com – Gigi merupakan salah satu bagian yang harus di cek dan dijaga kebersihannya. Perasaan takut saat harus ke dokter gigi bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak, apalagi jika pengalaman pertamanya sudah buruk. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak Anda tidak takut ke dokter gigi. Biasanya anak yang memiliki pengalaman buruk ke dokter gigi kerap berujung pada trauma berkepanjangan anak terhadap dokter gigi.

Orang tua punya peranan besar untuk membuat sesi pemeriksaan ke dokter gigi menjadi saat yang tidak menakutkan bagi anak. Dilansir dari laman Liputan6.Com, Sabtu (30/5/2020) berikut tips mengajak anak agar tidak takut ke dokter gigi.

Mulai Sejak Dini
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ketakutan anak adalah dengan membawa anak ke dokter gigi sejak dini. Bahkan disarankan saat gigi pertama anak tumbuh atau ketika anak berusia 1 tahun. Dengan memulai pengenalan ke dokter gigi sedini mungkin, selain membuat giginya sehat juga membentuk kebiasaan dan kenyamanan anak saat ke dokter gigi.

Gunakan Kata-kata Yang Positif
Hindari kata-kata yang membuat anak takut, seperti “suntik”, “sakit”, dan sebagainya. Sebaliknya, katakan kepada anak bahwa dokter gigi akan membuat giginya bersih, sehat, dan kuat. Penggunaan kata-kata yang positif seperti “sehat” dan “kuat” akan membuat kunjungan ke dokter gigi terdengar fun dan menyenangkan ketimbang menyeramkan. Jangan pula mengatakan bahwa “semuanya akan baik-baik saja”, karena jika ternyata anak membutuhkan perawatan khusus, bisa dipastikan ia akan hilang kepercayaan dengan dokter gigi maupun Anda.

Berikan Dukungan Penuh
Tidak dimungkiri bahwa anak yang bandel atau berani sekalipun pasti merasa gugup atau waswas ketika diajak ke dokter gigi. Apalagi ketika dokter gigi mulai melakukan pemeriksaan gigi. Karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan dukungan penuh kepada anak, dengan berada di satu ruangan yang sama saat perawatan.

Tekankan Pada Anak Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi
Jelaskan pada anak apa saja pentingnya menjaga kesehatan gigi. Anda juga sebaiknya menerangkan pada anak mengapa suntik bius atau pencabutan gigi itu penting dengan bahasa yang bisa dimengerti anak. Sehari-harinya, biasakan anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, misalnya dengan rajin sikat gigi.

Biarkan Dokter Gigi Yang Menjelaskan Prosedurnya
Ada juga anak yang terus bertanya akan diapakan nanti di dokter gigi. Katakan saja bahwa dokter gigi akan melihat ke dalam mulut anak dan mengobati kalau ada masalah tertentu. Ingatlah bahwa tenaga kesehatan gigi dan mulut sudah terbiasa menangani anak yang takut ke dokter gigi. Mereka akan lebih mampu menjelaskan prosedurnya pada anak dengan cara yang mudah dicerna. Jadi, serahkan saja detailnya pada dokter gigi atau asistennya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar