oleh

Resep Kebab Ayam Buatan Sendiri, Dijamin Ngiler

PortalMadura.Com – Kebab merupakan makanan yang berasal dari Persia dan dipopulerkan oleh Turki ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Biasanya, camilan ini dijual dengan harga yang cukup mahal, karena rasanya yang memang enak.

Tapi, sebenarnya membuat kebab tidaklah sulit dan bisa dibuat sendiri di rumah. Makanan ini juga cocok bagi Anda yang bosan menyantap menu sama setiap hari. Selain mudah, bahan dan bumbunya juga tidak susah didapatkan.

Nah, daripada beli di luar, yuk bikin sendiri dengan mengikuti resep berikut seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (21/1/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan Kulit Kebab

150 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt garam
1/2 baking powder
2 sdm minyak zaitun (bisa diganti minyak goreng biasa)
100 ml susu hangat

Isian Daging Ayam

300 gr dada ayam
1/2 bawang bombay iris tipis
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt bubuk kari

Pelengkap

Selada, tomat, mentimun secukupnya
Saus sambal, saus tomat dan mayonaise secukupnya

Cara Membuat

Pertama buat isian dulu, potong-potong memanjang dada ayam. Campurkan dengan semua bumbu. Marinasi daging selama kurang lebih 1 jam di dalam kulkas. Sambil menunggu marinasi, campurkan semua bahan kulit kebab kecuali susu. Aduk-aduk hingga menjadi tepung yang berbulir-bulir.

Setelah itu, hangatkan susu, tuang ke dalam adonan. Aduk dan uleni hingga menjadi adonan kalis selama kurang lebih 5 menit. Diamkan dalam wadah selama 30 menit, tutup dengan kain. Lalu bagi-bagi adonan setelah mengembang menjadi beberapa bagian. Diamkan selama 10 menit, gilas melebar sesuai kelebaran dan ketipisan yang diinginkan.

Kemudian, siapkan teflon, panaskan tanpa olesan apa pun. Panggang kulit kebab hingga menggelembung, balik dan panggang sisi satunya hingga menggelembung juga. Itu tanda kulit telah matang. Lalu, angkat dan lakukan hingga adonan habis.

Selanjutnya, keluarkan isian daging yang sudah dimarinasi. Panaskan teflon, tuang sedikit minyak. Panggang daging ayam hingga matang dengan olesan bumbu. Sertakan juga bawang bombay, masak hingga matang.

Terakhir, ambil kulit kebab, isi dengan selada, tomat, mentimun dan daging ayam. Beri saus secukupnya dan sesuai selera Anda. Gulung kebab dan panggang sebentar jika ingin kulitnya agak krispi. Selesai, kebab ayam siap dinikmati. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.Com

Komentar