Resep Kue Durian Ketan yang Manis dan Legit

  • Bagikan
Resep Kue Durian Ketan yang Manis dan Legit
Ilustrasi (BrilioFood)

PortalMadura.Com – Durian merupakan salah satu buah yang rasa enak tapi harganya mahal. Meskipun seperti itu, banyak pecinta buah ini yang rela merogoh kocek sangat dalam hanya untuk menikmati daging yang super manis dan tebal.

Saat ini, menikmati durian tidak hanya dengan mengonsumsi daging buahnya. Namun, sudah ada beberapa camilan bahkan masakan dengan bahan dasar buah durian. Salah satunya yaitu kue durian ketan. Rasa yang manis dari daging durian ditambah dengan legitnya ketan, menjadikan kue ini banyak disukai penikmat kuliner.

Penasaran dengan rasa manis dan legitnya kue durian ketan? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan:

200 gr ketan putih (rendam selama 4 jam)
200 ml santan
2 lbr daun pandan
½ sdt garam
Bahan Fla Durian:
250 gr daging buah durian
60 ml santan
70 gr skm
200 ml air
2 sdm gula pasir
2 lbr daun pandan
1 sdm tepung maizena (larutkan dalam air)

Cara Membuat:

Kukus beras ketan selama 30 menit. Kemudian rebus dengan air santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Setelah itu, campurkan ketan yang telah dikukus dengan air santan yang telah dimasak. Aduk hingga rata sampai santan meresap. Lalu kukus kembali selama 30 menit.

Untuk membuat fla, haluskan daging buah durian dengan sedikit air menggunakan blender. Kemudian masukkan durian ke dalam panci, tambahkan skm, santan, gula pasir dan daun pandan. Setelah itu, masak menggunakan api sedang hingga mendidih.

Tambahkan larutan tepung maizena dan kemudian aduk hingga rata. Jika sudah matang, matikan kompor. Setelah itu, siapkan cup plastik, tata ketan dalam setengah bagian cup, beri fla durian.

Anda bisa menambahkan topping seperti bubuk kayu manis atau juga keju di atas fla. Lakukan hal yang sama pada ketan dan fla yang masih tersisa. Durian ketan lumer siap disajikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.