Resep Lodeh Labu Siam yang Gurih dan Segar

Avatar of PortalMadura.com
Resep Lodeh Labu Siam yang Gurih dan Segar
Ilustrasi (Yummi App)

PortalMadura.Com – Labu siam atau jipang merupakan tumbuhan suku labu-labuan yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini merambat di tanah atau agak memanjat serta buahnya menggantung dari tangkainya.

Banyak menu yang bisa dimasak menggunakan bahan labu siam. Salah satunya yang paling khas yaitu sayur lodeh labu siam. Menu bersantan ini menjadi favorit penikmat kuliner nusantara. Ingin membuatnya di rumah? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan:

2 buah labu siam

Bumbu:

4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
6 buah cabai rawit
1 ruas kunyit
1 ruas lengkuas
Garam dan penyedap rasa secukupnya
½ sdm gula
1 sdm kaldu ayam
4 lbr daun salam
300 ml santan kelapa

Cara membuat:

Kupas labu siam, buang isinya dan potong tipis memanjang. Kemudian cuci dengan air bersih yang mengalir. Tiriskan. Setelah itu, tumis bumbu terlebih dahulu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan kunyit. Lalu haluskan bumbu yang telah digoreng dan kemudian tumis dengan sedikit minyak.

Tumis hingga harum bumbu halus, kemudian masukkan 350 ml air, garam, gula, penyedap rasa, kaldu ayam, lengkuas yang telah digeprek dan daun salam. Setelah itu, masukkan labu siam masak hingga agak layu. Lalu tuangkan santan kelapa dan biarkan sayur lodeh mendidih. Jika sudah matang, angkat dan matikan kompor.
Sayur lodeh siap disajikan.

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.